TANGSELIFE.COM – Palang Merah Indonesia atau PMI Tangsel menggelar acara donor darah di Plaza Puspemkot Tangsel, jalan Maruga Raya, Ciputat, Kamis, 20 Juni 2024.

Acara itu diselenggarakan dalam rangka perayaan Hari Donor Darah Sedunia yang ke-20 tahun.

Kepala Unit Donor Darah PMI Tangsel, Suhara Manulang mengatakan, pihaknya menargetkan dapat mengumpulkan sedikitnya 200 kantung darah dalam acara tersebut.

“Hari ini kita menyelenggarakan hari donor darah sedunia, harusnya tanggal 14 Juni tapi baru kita adakan hari ini. Jadi target hari ini 200 kantong kalau bisa lebih,” kata Suhara di Puspemkot Tangsel, Kamis, 20 Juni 2024.

Untuk mencapai target tersebut, PMI Tangsel melibatkan seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel dan beberapa komunitas untuk memberikan donor darah.

Suhara mengungkapkan, kantung darah tersebut nantinya akan disimpan dalam stok penyimpanan darah milik PMI Kota Tangsel.

Untuk saat ini, lanjut Suhara stok darah di Kota Tangsel terbilang masih cukup aman untuk kebutuhan masyarakat.

“Jadi kita bersyukur bahwa Tangsel ini perharinya donasinya sudah 100 sampai 150 kantung. Jadi kalau sebulan sekitar 3.000 sampai 4.000 kantung,” ungkapnya.

“Kalau disebut aman atau tidak saya menghitungnya 7 hari biasanya, jadi kalau saya lihat stok darah tanpa melihat golongan ada 700 kantung artinya untuk seminggu itu, itu yang menjadi satu indikator singkat untuk mengantisipasi,” tambahnya.

PMI Tangsel Gelar Acara Donor Darah Hari ini, 20 Juni 2024, Salah Satu Upaya Perbanyak Trombosit Untuk Pasien DBD

PMI Tangsel sendiri saat ini juga tengah memperbanyak stok trombosit untuk kebutuhan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kita bersyukur satu kantung darah ini bisa kita proses untuk beberapa komponen termasuk trombosit untuk demam berdarah,” terangnya.

“Memang ada waktu-waktu tertentu jenis penyakit yang perlu kita antisipasi, jadi kalau demam berdarah kalau sudah musim hujan setelahnya biasanya kebutuhan trombosit biasanya meningkat,” pungkas Suhara.

Untuk diketahui berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) terdapat 461 kasus DBD di Kota Tangsel. Angka itu tercatat dalam periode bulan Januari hingga Mei 2024.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter