TANGSELIFE.COM-Usai viral nyaris dua pekan ini di media sosial TikTok dan Instagram, akhirnya jalan rusak di Provinsi Lampung dapat perhatian dari pemerintah pusat.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang meninjau langsung kondisi jalan rusak tersebut, hari ini, Jumat, 5 Mei 2024.

Bahkan saat mengunjungi Provinsi Lampung, Jokowi melintasi salah satu jalan rusak yang berlokasi di Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Menggunakan mobil Kepresiden RI 1, Jokowi merasakan goyangan kendaraannya saat melintasi jalan penghubung antara daerah yang rusak tersebut. 

Usai kunjungannya, Jokowi mengatakan kalau jalan rusak di Provinsi Lampung bakal diperbaiki secepat-cepatnya.

Dia juga mengatakan kalau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengambil alih perbaikan jalan yang tidak bisa diperbaiki oleh pemerintah daerah.

“Secepat-cepatnya, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan bakal ditangani Kementerian PUPR,” terang Jokowi dari keterangan resmi YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 5 Mei 2023.

Begitu juga jalan rusak yang ada di tingkat kabupaten dan pemerintah kabupaten tidak memiliki kemampuan memperbaiki akan diambil alih oleh Kementerian PUPR.

Terutama jalan yang kondisi rusak parah dan tidak pernah diperbaiki. Jalan rusak itu, kata Jokowi juga, pasti akan mengganggu kemajuan daerah tersebut. 

Saat tiba di Provinsi Lampung, ruas jalan yang ditinjau Presiden Jokowi pada Jumat, 5 Mei 2023, pukul 10.30 WIB adalah Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan.

Salah satu akun di Twitter,@murtadhaone dan @NyiAgeng_Jogja menyebutkan Gubernur Lampung kena prank oleh Presiden Jokowi.

Pasalnya, Presiden Jokowi tidak melalui jalan yang disulap satu malam yakni jalan rusak yang sudah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. 

Usai melihat kondisi jalan rusak, Presiden Jokowi lantas meninjau Pasar Natar untuk melihat perkembangan harga-harga kebutuhan pokok di wilayah tersebut. 

“Ini melihat kita melihat inflasi, melihat harga-harga tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan, karena ini menjadi kunci,” ujar Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya fungsi infrastruktur bagi perekonomian. Menurut dia, biaya logistik sangat terkait dengan kondisi infrastruktur di suatu daerah. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Lampung yang salah satu agenda meninjau jalan rusak di provinsi tersebut. 

“Ke lampung? Ya besok. (Jalannya) pagi-pagi benar,” katanya saat ditemui di Gedung Sarinah, Kamis, 4 Mei 2023. 

“Kami baru mengumpulkan data-data jalan jalan kabupaten/kota dan provinsi yang rusak parah, karena anggaran yang ada di sana tidak banyak diarahkan kepada infrastruktur,” tuturnya.

Jokowi juga mengatakan  bahwa jalan penghubung merupakan infrastruktur penting, khususnya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

Sehingga diharapkannya setiap kepala daerah tak abai terhadap kerusakan jalan-jalan yang ada di daerahnya tersebut. 

”Padahal, (jalan) itu penting. Begitu rusak akan mengganggu mobilitas orang dan barang, sehingga biaya logistik naik dan barang tidak bisa bersaing dengan daerah lain dan negara lain,” tandasnya.