TANGSELIFE.COM – Kecelakaan hebat dua pesawat TNI AU Super Tucano, menyebabkan 4 penerbang terhebat yang dimiliki TNI AU gugur dalam tugasnya.

Korban peninggal dalam kecelakaan pesawat TNI AU Super Tucano, di Pasuruan pada Kamis, 16 November 2023 itu telah dikonfirmasi oleh pihak TNI AU.

Dan kini, Jumat, 17 November 2023 4 janazah penerbang pesawat TNI AU Super Tucano disemayamkan di Hanggar Skadron 21 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, dengan upacara militer.

Adapun 4 penerbang yang gugur saat latih terbang itu ialah Letkol Pnb Sandhra Gunawan sebagai Frontseater dan Kolonel Adm Widiono sebagai Backseater dengan nomer pesawat TT-3111.

Lalu Mayor Pnb Yuda A. Seta selaku Frontseater dan Kolonel Pnb Subhan selaku Backseater dengan nomer pesawat TT-3103.

Berikut Profil 4 Penerbang Pesawat TNI AU Super Tucano

1. Letkol Pnb Sandhra Gunawan

Dengan julukan ‘Chevron Barracuda’, Gunawan merupakan penerbang dari skadron udara 21 wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Sosok Letkol Pnb Sandhra penerbang jebolan Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 2004, dan tercatat sebagai lulusan terbaik pada Sekolah Staf dan Komando Angakatan Udara (Seskoau) angaktan 56.

Pegalaman terbang dari Chevron Barracuda’ pernah menerbangkan Cassa 212 di skadron udara 4 dan C-130 Herculer di skadron udara 32.

Bahkan menerima badge 1000 jam penerbangan dari Komandan Udara 21 saat masih berpangkat mayor yang terbang dengan pesawat tempur EMB 314 Super Tucano.

2. Kolonel Adm Widiono

Penerbang sebagai Backseater dengan nomer pesawat TT-3111 ini menjabat sebagai Kepala Dinas Personel Lanud Abdurachman Saleh, Malang.

Kolonel Adm Widiono pernah menduduki posisi sebagai Komandan Skadik 503 Wingdikum.

3. Mayor Pnb Yuda Anggara Seta

Mayor Pnb Yuda Anggara Seta merupakan penerbang berpangkat Mayor Penerbangan dan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 2006.

Status Mayor Pnb Yuda sendiri merupakan penerbang dari Skadron Udara 21 Lanud Abdurachman Saleh juga pernah memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru dan Lumajang pada 2021 lalu.

4. Kolonel Pnb Subhan

Kolonel Pnb Subhan yang merupakan adalah alumi AAU 1998. Setelah itu melanjutkan pendidikannya di Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI).

Kolonel Pnb Subhan menjabat sebagai Komandan Wing 2 Lanud Abdurachman Saleh sejak Sejak 4 Februari 2023.

Sopiyan
Editor