TANGSELIFE.COM– Dinas Perhubungan (Dishub) menutup program mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta 2023 sementara waktu.

Hal ini dilakukan karena peserta yang mendaftar untuk mengikuti program mudik gratis 2023 Dishub membeludak dari seharusnya jumlah kuota yang disediakan.

“Dishub DKI tentu akan meningkatkan kapasitas (setiap bus), (tapi) untuk menambah bus tidak,” ungkap Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Selasa, 4 April 2023.

Syafrin memberikan contoh, jika misalnya satu bus awalnya hanya mengangkut 45 penumpang, maka nantinya akan diisi 50 orang penumpang karena pendaftar mudik gratis yang membludak.

Menurutnya, jumlah 50 penumpang dalam satu bus masih tergolong normal. Karena sejatinya satu bus bisa mengangkut 55 penumpang.

“Misal jumlah penumpang 45 per bus. Kemudian kami cek lagi, bisa tidak dinaikkan menjadi 50 penumpang. Kapasitas maksimal per bus kan 55 penumpang,” ungkap Syafrin.

Hal tersebut bisa dilakukan supaya pemudik yang mengikuti program mudik gratis ini bisa semuanya pulang ke kampung halamannya masing.

Serta diharapkan tidak ada kendala jumlah armada yang disediakan tidak bisa menampung seluruh pemudik.

Sebelumnya Syafrin menyebutkan kuota mudik gratis 2023 sebanyak 11.120 orang. Namun, ternyata warga yang mendaftar untuk ikut mudik gratis berjumlah 17.145 orang.

Jumlah tersebut menunjukan, ada 6.025 peserta tambahan yang mengikuti program mudik gratis.

Selain itu, pada peserta arus balik juga membludak. Warga yang ikut mendatar arus balik melebihi kuota yang telah disediakan.

Syafrin menyebutkan, kuota arus balik yang disediakan hanya berjumlah 8.160 orang penumpang. Tetapi jumlah pendaftarnya mencapai 11.400 orang.

Meskipun sudah mengetahui jumlah pemudik yang membludak, Dishub DKI Jakarta tidak berencana menambah jumlah bus yang disediakan.

“Kita minta penyedia bus untuk menyiapkan kapasitas busnya yang full. Jadi masyarakat terangkut semua tanpa harus menambah jumlah bus,” jelas Kabid Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Yayat Sudrajat.

Dishub Memverifikasi Data Jumlah Peserta Mudik

Menanggapi adanya pembludakan data yang masuk ke sistem pendaftaran Dishub DKI, Kabid Angkutan Jalan DIshub DKI Jakarta Yayat SUdrajat menyampaikan pihaknya tengah melakukan verifikasi data.

“Saat ini kan kita masih melakukan verifikasi ulang, artinya kita menginformasikan kembali kepada peserta mudik gratis untuk memastikan apakah yang bersangkutan tetap berangkat di tanggal 19, atau tidak,” ujar Yayat pada, Selasa 4 April 2023.

Program mudik gratis 2023 dari Ibu Kota akan berangkat menuju 19 kota/kabupaten di sembilan provinsi.

Dishub DKI menyediakan 482 total bus untuk pemudik, serta 23 truk untuk mengangkut motor para pemudik.

Untuk truk yang mengangkut sepeda motor pemudik akan diberangkatkan pada 17 April 2023.

Sedangkan untuk pemudik orangnya sendiri akan diberangkatkan dari kawasan Monas pada 18 April 2023.