TANGSELIFE.COM- Adanya proyek peninggian jembatan, membuat ruas Jalan AMD Perigi di perbatasan Serpong Utara-Pondok Aren, Kota Tangsel ditutup.

Penutupan Jalan AMD Perigi itu dimulai 17 Juli 2023 hingga 31 Oktober 2023 karena ada pekerjaan peninggian abutment jembatan yang melewati Kali Angke.

Proyek peninggian jembatan ini membuat penutupan Jalan AMD Perigi yang jadi perbatasan dua kecamatan itu dilakukan untuk semua kendaraan.

Proyek peninggian jembatan
Rute pengalihan arus penutupan Jalan AMD Perigi yang jadi akses Kecamatan Serpong Utara-Pondok Aren karena adanya proyek peninggian jembatan.

“Penutupan total jalan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan,” terang Ahmad Fatullah, Kabid Bina Marga pada Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Kontruksi (DSDABMBK) dikutif Jumat 14 Juli 2023.

Terkait proyek peninggian jembatan yang berdampak penutupan jalan itu, Dinas SDABMBK telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

Mulai dari Satlantas Polres Tangsel, Polsek Serpong, Polsek Pondok Aren, Dinas Perhubungan (Dishub) Tangsel hingga pihak kecamatan dan kelurahan.

“Tujuannya untuk memastikan kelancaran pengalihan arus lalu lintas. Nanti petugas kepolisian dan Dishub yang akan berjaga untuk mengalihkan arus,” terangnya juga. 

Terkait proyek peninggian jembatan itu, Dinas SDABMBK sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penutupan Jalan ADM Perigi tersebut.

Salah satunya memasang pengumuman di persimpangan Jalan Graha Raya-Jalan AMD Perigi dan Jalan Raya Jelupang.

“Untuk itu, kami mengimbau masyarakat pengguna jalan agar dapat mengatur perjalananya selama pekerjaan berlangsung,” papar Ahmad Fatullah juga.

Adapun proyek peninggian jembatan di Kali Angket itu akan berlangsung selama empat bulan maka Jalan AMD Perigi-Jalan Jelupang Raya ditutup total.

Utnuk diketahui, pekerjaan peninggian jembatan di Kali Angke ini merupakan bagian dari proyek pengendalian banjir.

Saat ini, jembatan di Kali Angke itu terlalu redah dan saat hujan badan jembatan selalu digenangi air sehingga membahayakan pengguna jalan.

“Arus di Kali Angke sangat kuat, badan jembatan rendah sehingga menghambat aliran Kali Angke,” ucap Ahmad Fatullah juga.

Padahal mobilitas kendaraan di atas jembatan itu cukup tinggi karena banyak kendaraan dengan beban berat melintas di sana.

“Abutment lama jembatan juga mempersempit aliran Kali Angke yang menyebabkan banjir. Karena itulah  diperlukan peninggian jembatan,” pungkasnya.

Proyek Peninggian Jembatan, Berikut Rute Alternatif Perbatasan Serpong-Pondok Aren

Penutupan Jalan AMD Perigi-Jalan Jelupang Raya terkait peninggian jembatan di atas Kali Angke maka aparat kepolisian membuat jalur alternatif.

Kendaraan yang akan menuju kawasan Graha Raya Bintaro dari Kecamatan Serpong Utara dan sebaliknya akan dialihkan. Berikut jalan alternatifnya:

1. Pengalihan arus ke arah Jalan Raya Pondok Jagung-Jalan Pondok Jagung Timur-Jalan Boulevard Graha Raya-Pasar Segar Graha Raya-Jalan Melati III, Jalan Graha Raya Bintaro dan begitu pula untuk arah sebaliknya.

2. Kendaraan masuk melalui Jalan Lengkong Raya-Jalan BSD-Bintaro-Jalan Perigi Baru, Jalan Setu Raya dan berakhir di Jalan Taman Bahagia Bintaro-Graha Raya Bintaro.