TANGSELIFE.COM- Tiga pelaku pungli di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten berhasil diamankan petugas kepolisian setempat.

Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang mengapresiasi langkah cepat aparat Polsek Carita, dan perangkat desa setempat menangani kasus pungutan liar tersebut.

Apalagi, pungli di Pantai Carita itu terjadi saat wisatawan tengah ramai-ramainya karena liburan sekolah.

Pungli di Pantai Carita
Modus jembatan “pribadi” untuk aksi pungli kepada pengunjung Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Sebelumnya, beredar video viral di media sosial terkait pungli Rp 5.000 terhadap wisatawan yang melewati jembatan kecil di muara Sungai Pantai Carita.

Pungli di Pantai Carita tersebut membuat ketidaknyamanan bagi wisatawan yang datang ke lokasi wisata tersebut.

“Begitu ada video pungli, kapolsek dan Kades Sukajadi bergerak ke lokasi. Mereka mengamankan oknumnya,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Neneng Nuraeni, Rabu, 5 Juli 2023.

Dalam pungli di Pantai Carita itu, aparat setempat mengamankan tiga orang terduga pelaku pungli yang ada dalam video viral tersebut.

Ketiga pelaku itu masing-masing bernama Dede, Sapta dan Apan, yang semuanya warga Kampung Cilaban, Desa Sindanglaut Carita, Kabupaten Pandeglang.

“Saya sebagai Kepala Dinas Pariwisata terus berkoordinasi dengan Kapolsek Carita untuk memantau setiap kasus pungli,” papar Neneng juga.

Setelah pelaku pungli di Pantai Carita diamankan aparat keamanan, lanjut Neneng, para pelaku langsung meminta maaf kepada masyarakat atas pungli yang dilakukan. 

Mereka juga membuat surat pernyataan secara tertulis dan berjanji tidak akan mengulangi lagi aksi pungli tersebut.

Surat pernyataan pelaku pungli di Pantai Carita itu juga ditandatangani para saksi dalam kasus permintaan maaf para pelaku pungli tersebut.

Yakni Wakapolsek Carita Iptu Turip, Kades Sukajadi Sandi Wiyasa, Wakil Kades Sindanglaut, Kasi Trantib Kecamatan Carita, dana Babinsa Sukajadi.

“Kami berharap pungli di Pantai Carita tidak terjadi lagi karena akan berpengaruh terhadap citra pariwisata,” cetus Neneng juga.

Pungli di Pantai Carita Buat Wisatawan Tak Nyaman

Untuk diketahui, Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Banten.

Saat musim liburan sekolah ini ramai dikunjungi banyak warga setempat atau wisatawan dari daerah lain di luar Banten karena lokasinya dekat dari Jakarta.

Pantai Carita merupakan salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi terutama saat libur panjang akhir pekan dan libur panjang sekolah.

Pantai Carita juga dianggap objek wisata lokal yang ramah di kantong. Meski begitu, seringkali kita menemukan oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan pungli.

Modus oknum untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sangat beragam, yang baru-baru ini viral adalah modus jembatan yang disebut milik “pribadi”.

Sehingga siapapun yang melintas di atas jembatan itu harus membayar Rp 5.000 sekali jalan.