TANGSELIFE.COM- Proyek peninggian Jembatan Kali Ciputat di Jalan Ki Hajar Dewantara, Ciputat, Kota Tangsel dikerjakan mulai Sabtu, 22 Juli 2023.

Karena itu,  Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Ciputat akan ditutup total kurang lebih selama 5 bulan.

Proyek peninggian Jembatan Kali Ciputat yang dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Tangsel itu tepatnya 129 hari.

Jembatan Kali Ciputat
Peta jalan alternatif menuju Bintaro dari Ciputat karena Jalan Ki Hajar Dewantara ditutup.

Rencana penutupan proyek peninggian Jembatan Kali Ciputat di Jalan Ki Hajar Dewantara itu akan dimulai pada Sabtu, 22 Juli 2023 hingga 20 November 2023.

Penutupan total jalan itu dilakukan untuk pekerjaan pembongkaran abutmen jembatan lama yang saat ini eksistingnya rendah dan menyempit.

Proyek itu peninggian Jembatan Kali Ciputat itu untuk mencegah banjir yang kerap terjadi di daerah itu dan memperlancar arus air aliran sungai tersebut.

Jembatan Kali Ciputat itu akan ditinggikan menjadi lebar 10 meter dan tinggi 8 meter dari kondisi saat ini.

Penutupan Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Ciputat membuat Pemkot Tangerang meminta maaf kepada masyarakat.

Pemkot Tangsel juga meminta masyarakat bersabar ketika melintasi jalan alternatif yang ada di sekitar proyek peninggian Jembatan Kali Ciputat tersebut.

Tapi sejumlah warga yang kerap melintasi daerah itu protes karena sosialisasi yang minim dari Pemkot Tangsel terkait penutupan jalan tersebut.

“Penutupan Jalan Ki Hajar Dewantara ini kan berbulan-bulan tapi sosialisasinya tidak ada,” terang Muhamad Sidiq, 35, warga yang tinggal di sekitar Kelurahan Jombang. 

Dia mengaku kerap mondar-mandir ke Pasar Ciputat untuk berbelanja menggunakan mobil karena memiliki usaha rumah makan di sekitar wilayah Jombang.

“Masa sosialisasinya cuma di medsos dan baru beberapa hari ini. Kan gak semua orang bisa pantau medsos,” terangnya.

Mustinya, kata Sidiq juga, ada beberapa spanduk pengumuman di pasang di Jalan Ki Hajar Dewantara agar diketahui masyarakat. 

Proyek Peninggian Jembatan Kali Ciputat, Ini Jalur Alternatifnya

Khusus Kendaraan Roda Empat Kecil dan Motor

1. Ciputat Menuju Bintaro 

  • Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Bangau-Jalan Masjid Istiqomah-Jalan WR Supratman dan Jalan Menjangan Raya (dari sini bisa menuju Jombang, Stasiun Jurang Mangu, Tol BSD, Tol Bintaro dan kawasan Bintaro) 
  • Jalan Pendidikan (samping Kelurahan Ciputat), Jalan Bhakti, Jalan Bulakwangi III, Jalan Beo, Jalan Kampung Bulak Baru, Jalan Musyawarah, Jalan Ki Hajar Dewantara (dari sini bisa menuju Jombang, Stasiun Jurang Mangu, Tol BSD, Tol Bintaro dan kawasan Bintaro)

2. Bintaro Menuju Ciputat

  • Jalan Menjangan Raya- Jalan WR Supratman-Jalan Masjid Istiqomah-Jalan Bangau dan Jalan Ki Hajar Dewantara (dari sini bisa menuju Pasar Ciputat, Jalan Ir H Juanda, arah Jakarta atau putar arah ke Sawangan Kota Depok)
  • Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Musyawarah, Jalan Kampung Bulak Baru, Jalan Beo, Jalan Bulakwangi III, Jalan Bhakti, Jalan Pendidikan (dari sini bisa menuju Pasar Ciputat, Jalan Ir H Juanda dan arah Jakarta atau putar arah ke Sawangan Kota Depok)

Khusus Kendaraan Besar dan Truk

1. Ciputat-Bintaro

  • Jalan Ir H Juanda, Jalan Dewi Sartika (putar arah), Jalan Aria Putera, Jalan Merpati Raya, Perempatan Duren-Jalan Menjangan Raya (dari sini bisa menuju Stasiun Jurang Mangu, Tol BSD, Tol Bintaro dan kawasan Bintaro) 

2. Bintaro-Ciputat

  • Jalan Menjangan Raya, Perempatan Duren, Jalan Merpati Raya, Jalan Aria Putera (terus sampai fly over Ciputat), Jalan Ir H Juanda (dari sini bisa menuju Jakarta atau balik arah di bawah fly over Ciputat menuju kawasan Sawangan, Kota Depok dan Bogor).