TANGSELIFE.COM– Perayaan puncak hari raya Waisak 2023 hari ini di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Barat, dipastikan berjalan lancar.

Kepastian itu diberikan oleh PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) dan anak usahanya, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) hari ini, Minggu, 4 Juni 2023.

“Kami pastikan kelancaran perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur pada hari ini,” terang Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Lantaran, ujar Maya Watono juga, persiapan acara sudah 100 persen begitu juga dengan pengamanan oleh panitia acara Waisak 2023 dan petugas keamanan.

Untuk diketahui, rombongan 32 bhikkhu thudong telah tiba di area kompleks Candi Borobudur setelah menempuh perjalanan selama dua bulan lebih.

Sebanyak 32 bhikkhu thudong itu berasal tiga negara yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia yang akan merayakan puncak Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur.

“Kami telah menyiapkan skenario terbaik agar umat Buddha yang beribadah bisa khusyuk dan masyarakat bisa menikmati wisata di Candi Borobudur,” terang Maya Watono juga.

Jadi, katanya lagi, wisatawan yang datang ke Candi Borobudur bisa berwisata tanpa mengganggu umat yang beribadah. “Semua lancar dan seimbang,” paparnya juga.

Untuk perayaan Waisak 2023 yang berlangsung pada hari ini, Minggu, 4 Juni 2023 pelataran candi Borobudur dibatasi hanya untuk umat Buddha yang akan beribadah.

“Jadi untuk tanggal 4 Juni nanti wisatawan tidak bisa naik ke pelataran Candi Borobudur, untuk menghormati upacara Waisak. Tapi  wisatawan bisa berada di sekeliling taman candi,” papar Maya juga.

Begitu juga untuk acara pelepasan lampion yang merupakan salah satu acara puncak rangkaian Hari Raya Waisak 2023 itu dipastikan akan didatangi ribuan wisatawan.

Sebagai holding pariwisata dan pendukungnya, InJourney  memastikan keseluruhan rangkaian acara berlangsung aman, nyaman dan kondusif dengan SOP keamanan yang terbaik.

Sedangkan Direktur Pemasaran, Pelayanan, dan Pengembangan Usaha PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Hetty Herawati mengatakan lahan parkir juga sudah disediakan.

Untuk parkir pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat (mobil) dapat memasuki area Taman Wisata Candi Borobudur melalui Pintu Utama (Pintu 1) kemudian parkir di area yang telah disediakan.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan bus bisa masuk melalui Pintu 4. PT TWC juga menyiapkan area parkir eksisting di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

“Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat event Pelepasan Lampion, PT TWC bekerjasama dengan masyarakat menyediakan kantong-kantong parkir dengan memanfaatkan lahan warga,” paparnya juga.