TANGSELIFE.COM – ‘Putaran Goblok’ di Jalan Raya Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) disebut menjadi sumber kemacetan. 

Keluhan kemacetan akibat adanya ‘Putaran Goblok’ itu pun dibenarkan oleh Dinas Perhubungan Tangsel. Banyak masyarakat yang keluhkan kemacetan diputaran baru itu.

Soal kemacetan di ‘Putaran Goblok’ itu, Sekretaris Dishub Tangsel Ika mengatakan, putaran dekat Stasiun Rawa Buntu itu dibangun oleh salah satu pengembang.

“Dari pihak pengembang (yang membangun u-turn-red),” kata Ika dikutip, Rabu, 17 Januari 2024.

Ika mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengembang soal ‘Putaran Goblok’ yang jadi biang kerok kemacetan itu.

“Jadi langkah Dishub sebenarnya sudah melakukan teguran kepada pemrakarsanya untuk memenuhi semua kesanggupan-kesanggupan mereka dalam hal pembangunan u-turn itu,” terangnya.

Ika tak menampik bahwa terdapat beberapa fasilitas penunjang yang belum terpasang pada area putaran jalan tersebut.

Beberapa fasilitas penunjang yang dimaksud diantaranya rambu-rambu di sekitar area putaran dan barier pembatas jalan.

Menurutnya pemasangan fasilitas penunjang merupakan salah satu hasil rekomendasi berdasarkan kajian yang dilakukan pihak konsultan.

“Sepertinya itu belum semua, memang belum dibangun oleh mereka, itu menjadi persoalan pada akhirnya, bagaimana pun ini akan menghambat (lalu lintas-red),” tuturnya.

Ika menerangkan, jika pihak pembuat putaran tidak juga melengkapi beberapa fasilitas penunjang, Dishub Tangsel mempertimbangkan untuk melakukan penutupan di putaran tersebut.

“Konsekuensi yang mungkin diambil ketika dirasakan oleh masyarakat ini menjadi persoalan kemacetan, maka kemungkinan ini ditutup atau tidak difungsikan terlebih dahulu,” pungkas Ika.

Asal Usul Nama ‘Putaran Goblok’ Rawa Buntu

Diberitakan sebelumnya, ‘Putaran Goblok’ Rawa Buntu disebut-sebut menjadi salah satu sumber kemacetan di ruas Jalan Raya Rawa Buntu sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan kendaraan.

Karena geramnya dengan kemacetan di titik itu, netizen hingga menamai u-turn tersebut dengan istilah ‘putaran goblok’.

Pasalnya, kemacetan yang sebelumnya hanya terjadi di ruas jalan Raya Rawa Buntu, kini telah merambat hingga ke dalam salah satu perumahan yang ada di sekitar area tersebut.

Istilah tersebut bahkan sampai berada di salah satu platform penunjuk arah dan viral di sosial media.

Wivyh
Editor
Andre Pradana
Reporter