TANGSELIFE.COM – PWI Kota Tangsel sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan di Serpong selama dua hari, 24 sampai 25 November 2023. Dan sebanyak 28 wartawan dinyatakan lulus kompeten.

PWI atau Persatuan Wartawan Indonesia ini merupakan organisasi pers tertua di Indonesia, selalu bekerja keras untuk meningkatkan kualitas wartawan, salah satunya dengan melakukan UKW.

Dalam UKW yang diselengagrakan oleh PWI Kota Tangsel, ini mendatangkan penguji wartawan senioir Indonesia, dengan rekam jejak profesional tinggi.

Koordinator Penguji UKW, Aat Surya Safaat mengucapkan selamat seluruh wartawan dari berbagai media, termasuk wartawan dari Tangselife.com yang dinyatakan kompeten.

“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman yang mengikuti UKW dari kelas muda ada 4 Kelompok, Kelas Madya 1 kelompok dan utama 1 kelompok. Dan semuanya kompeten,” ujar Aat yang pernah menjabat Kepala Biro Kantor Berita Antara di New York, Amerika Serikat.

“Mudah-mudahan kedepan PWI Tangsel khususnya dan PWI Banten umumnya bertambah banyak wartawan yang kompeten dan profesional,” tambah Aat.

Dalam kesempatan itu, Aat menyampaikan pesan untuk para peserta UKW yang telah lolos mengikuti ujian kompetensi agar memahami etika jurnalistik dalam menjalan tugas dilapangan.

“Jadi kita ujian itu bukan semata-mata menguji kompetensinya, tapi juga memberikan etika. Ada kode etik jurnalistik 11 pasal, minimal 4 pasal harus paham. Pertama, wartawan itu tidak boleh beretikad tidak baik,” ujarnya.

“Wartawan harus profesional, berita itu harus berimbang, kemudian tidak boleh memberitakan yang keji, mesum, disuap atau menyuap. Karena kalau ada wartawan dilaporkan ke dewan pers, lalu kena kartu UKW nya bisa dicabut bahkan masuk pidana bisa 500 juta didendanya,” pesan Aat.

Pesan Dari PWI Kota Tangsel

PWI Kota Tangsel
Para penguji UKW yang diselenggarkan PWI Kota Tangsel, fot bersama jajaran pengurus PWI Kota Tangsel.

Ketua PWI Kota Tangsel Ahmad Eko Nursanto mengucapkan selamat kepada peserta UKW tahun 2023 yang diselenggarakan PWI Kota Tangsel yang telah dinyatakan kompeten.

“Artinya mereka sudah berhak menyandang wartawan kompeten dan profesional, semoga teman-teman yang sudah kompeten ini benar-benar bisa melaksanakan dan menerapkan apa yang sudah didapatkan saat UKW dalam bekerja sehari-hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Eko menyampaikan himbauan kepada peserta UKW yang lolos mengkuti UKW untuk tidak jumawa dan tetap renda hati.

“Ingat, walaupun kita wartawan kompeten, harus jaga etika. Jaga kode etik jurnalistik yang paling utama. Artinya selain teman-teman menyandang wartawan kompeten, tapi juga harus menyandang wartawan beretika, Itu Pesan saya,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor