TANGSELIFE.COMPemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyewa hingga 1.000 unit mobil senilar Rp25 Miliar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

1.000 unit mobil itu akan digunakan untuk mobilitas tamu negara dan tamu VVIP pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus 2024 di IKN.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kaltim, Damun Kiswanto mengatakan, penyewaan mobil dengan uang muka sebesar 50 persen sudah diterima.

“Permintaan pengadaan mobil dari Kemensetneg itu sekitar 1.000 unit, dan sudah dibayar uang muka 50 persen dari nilai kontrak,” ungkap Damun Kiswanto di Balikpapan, Kaltim, pada Minggu 4 Agustus 2024.

Asperda Tambah Unit Mobil dari Luar Kaltim

Mengingat jumlah unit mobil yang disewa, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah seperti Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu.

Hal itu dikarenakan adanya keterbatasan unit mobil rental di wilayah Kalimantan.

Adapun ongkos pengiriman satu unit mobil mencapai Rp13 juta.

Imbas ongkos kirim yang tinggi, maka lonjakan harga sewa mobil per unitnya pun tidak bisa dihindari.

Bahkan, harga sewa mobil di Kaltim melonjak hingga 100 persen dari harga sebelumnya.

Misalnya, harga sewa Toyota Fortuner yang normalnya Rp2,5 juta per hari tembus menjadi Rp5 juta per hari.

Selain itu, Hiace dari tembus Rp15 juta per hari dari harga normal Rp3,5 juta per hari.

Sementara Toyota Alphard yang normalnya Rp7 juta per hari naik signifikan menjadi Rp25 juta per hari.

Untuk perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Pemerintah disebut-sebut menyewa merk mobil Toyota Alphard.

Jika benar menggunakan Toyota Alphard untuk keseluruhan jumlah unit mobil yang diewa, maka Pemerintah menggelontorkan anggaran senilai Rp25 Miliar.

Kemensetneg Bantah Sewa 1.000 Mobil

Ramai isu sewa mobil di IKN, Kemensetneg pun membantah pemerintah menyewa 1.000 unit Toyota Alphard.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menegaskan, armada yang disewa untuk perayaan HUT Ke-79 RI di IKN berupa bus, jenis kendaraan lain berupa truk, dan mobil box untuk keperluan logistik.

“Armada bus yang disiapkan oleh panpel bidang transportasi (Kemenhub dan OIKN juga Pemda setempat) jumlahnya juga hanya sekitar 200-an (jauh dari 1.000 unit).

“Untuk sarana transportasi pasukan upacara dan undangan,” jelas Setya lewat keterangan pada wartawan, Rabu 7 Agustus 2024.

Setya menegaskan bahwa tamu undangan yang ikut peringatan HUT Ke-79 RI di IKN akan menumpang bus yang telah disediakan oleh pemerintah.

“Setneg tidak menyewa mobil, termasuk Alphard sejumlah 1.000 unit, karena kami akan menyediakan angkutan bus untuk undangan yang akan menghadiri upacara HUT RI di IKN,” tegasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter