TANGSELIFE.COM-Ternyata pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 atau RBB yang sedianya dilakukan hari ini, Jumat 5 Mei 2023 ditunda menjadi Kamis 11 Mei 2023 atau pekan depan. 

Informasi penundaan pembukaan pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 itu diumumkan langsung oleh Forum Human Capital Indonesia melalui akun Instagram resminya, @fhci.bumn.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN beralasan penundaan dilakukan agar persiapan calon pendaftar semakin maksimal.

“Pembukaan dan registrasi online Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 menjadi 11 Mei 2023. Dengan harapan dapat memberikan ruang bagi para talenta muda untuk melakukan persiapan lebih optimal,” tulis unggahan tersebut.

Belum ada informasi lanjutan sampai kapan pendaftaran bakal dibuka, mengingat awal registrasi mulanya berlangsung antara 5-20 Mei 2023 tapi kini ditunda menjadi Kamis 11 Mei 2023.

FHCI  juga tidak menjelaskan apakah penundaan registrasi ini akan berdampak kepada timeline tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 secara keseluruhan.

“Yuk! Optimalkan persiapan kalian untuk pendaftaran #RekrutmenBersamaBUMN 2023. Agar persiapan kalian makin oke, waktu pendaftaran jadinya kita buka tanggal 11 Mei 2023,” tulis keterangan unggahan Instagram FHCI juga.

Sebelumnya, sejumlah calon pelamar Rekrutmen Bersama BUMN mengeluhkan akses situs resmi FHCI, yakni rekrutmenbersama.fhcibumn.id. 

Pasalnya, situs pendaftaran lowongan pekerjaan di sejumlah perusahaan BUMN tersebut, tidak bisa dibuka sejak pagi. Jikapun bisa aksesnya sangat lambat.

“Ternyata pendaftaran rekrutmen bersama BUMN ditunda. Pantesan tidak bisa dibuka situs pendaftarannya,” ujar Nur Komariah, warga Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Jumat 5 Mei 2023.

Wanita yang baru lulus dari kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta itu mengaku ingin melihat informasi lowongan pekerjaan yang cocok bagi dirinya. 

“Belum tahu mau melamar di BUMN mana. Tapi mau lihat-lihat dulu karena pasti ada yang cocok dengan keahlian dan jurusan kuliah yang saya ambil,” terangnya. 

Seperti diberitakan Tangselife.com, sebelumnya Kementerian BUMN akan menggelar rekrutmen bersama atau RBB yang pendaftarannya dimulai hari ini, Jumat 5 Mei 2023.

Namun terjadi penundaan hingga Kamis 11 Mei 2023 mendatang. Sebelumnya, Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir itu membutuhkan ratusan pegawai untuk puluhan BUMN. 

Menteri BUMN Erick Thohir sendiri yang mengumumkan dari jauh-hauh hari terkait rekrutmen besar-besaran perusahaan milik negara tersebut. 

Karena itu, dia mengajak kaum milenial dan gen-z untuk mendaftar dan mengabdikan dirinya untuk memajukan perusahaan BUMN.

“Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN. Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua. Good luck!” ujar Erick di akun Instagram resminya.

Berikut Syarat Rekrutmen Bersama BUMN:

1. Pendaftar merupakan WNI.

2. Usia maksimal 27 tahun untuk lulusan Diploma III per 1 Desember 2022. Sementara untuk lulusan Diploma IV dan S1 maksimal 30 tahun dan lulusan S2 maksimal 35 tahun.

3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi.

4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.

6. Memiliki dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian.

7. Memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8. Memiliki rekomendasi komunitas untuk pelamar yang berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, dan start-up apabila ada.