TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berupaya mendukung kelancaran proses berlangsungnya proyek nasional yakni revitaliasasi Pasar Anyar.

Terbaru, Pemkot Tangerang mengajukan permohonan pinjam pakai atau sewa lahan Pasar Anyar Selatan milik PT KAI sebagai salah satu tempat relokasi pedagang pasar tersebut untuk sementara waktu.

Oleh karenanya, Penjabat (Pj) Wali Kota, Dr. Nurdin, didampingi oleh beberapa perwakilan dari dinas terkait melakukan audiensi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Audiensi berlangsung di Kantor PT KAI, Jalan Pegangsaan Timur Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa 13 Februari 2024.

Rombongan Pemkot Tangerang diterima langsung oleh Executive Vice President (EVP) Daerah Operasional (DAOP) 1 Jakarta yakni Iwan Eka Putra.

“Tujuan diadakannya audiensi ini untuk mengajukan permohonan pinjam pakai atau sewa terkait lahan Pasar Anyar Selatan yang akan digunakan sebagai tempat relokasi sementara,” ucap Pj Wali Kota.

Untuk itu, Nurdin berharap pertemuan ini dapat segera menghasilkan kesepakatan agar proses relokasi sementara bisa dilakukan secepatnya dan proses revitaliasasi pasar bisa berjalan lancar.

“Ini tak lain sebagai upaya Pemkot dalam mendengarkan aspirasi para pedagang karena lokasi tersebut berdekatan dengan eksisting Pasar Anyar yang akan direvitalisasi, sehingga diharapkan roda perekonomian bisa tetap berjalan dan memudahkan transaksi jual beli yang selama ini sudah berlangsung,” ucap Manta Pj Bupati Aceh Jaya ini.

Di sisi lain, Iwan Eka Putra selaku EVP DAOP 1 Jakarta PT KAI mengungkapkan bahwa pihaknya siap mendukung upaya relokasi sementara yang dilakukan Pemkot Tangerang agar proses revitalisasi Pasar yang berlokasi di Tangerang ini yang merupakan proyek nasional tersebut bisa berjalan sukses.

Pedagang Pasar Anyar dan Pemkot Tangerang Temukan Kesepakatan

Paguyuban Pasar Anyar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akhirnya sepakat mengenai tempat relokasi pasar yang sebelumnya sempat mengalami penolakan dari pedagang.

Adapun lokasi yang telah disepakati adalah di Pasar Mambo dan Area Anyar Selatan, serta di Plaza Shinta dan Mall Metropolis.

Direktur Perumda Pasar Tangerang Titien Mulyati menjelaskan bahwa kesepakatan tersebut sejalan dengan pertemuan Pemkot Tangerang melalui jajaran Perumda Pasar Tangerang, Kecamatan Tangerang, dan Bagian Hukum dengan para pedagang, Paguyuban Pedagang Pasar Anyar serta pengacara dari pihak paguyuban, di Aula Kecamatan Tangerang.

Seluruh pihak sudah sepakat mengenai tempat relokasi Pasar Anyar, yaitu Metropolis, Plaza Shinta, Pasar Mambo, dan Anyar Selatan.

Dwi Oktaviani
Editor