TANGSELIFE.COM– RSUD Kabupaten Tangerang telah berhasil melakukan operasi jantung terbuka pertama.

Keberhasilan tersebut merupakan bagian dari upaya pengampuan layanan kardiovaskuler RSUD Kabupaten Tangerang bersama dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

Andi Ony selaku PJ Bupati Tangerang yang hadir dalam operasi bedah jantung terbuka ini mengatakan, ini merupakan terobosan luar biasa yang dilakukan oleh RSUD Kabupaten Tangerang.

“Terdapat hal penting yang kami catat bahwa kita harus berubah, tidak boleh selalu terlena di zona nyaman,” ujar Andi.

“Rumah sakit harus bisa menerima tantangan yang ada dan memberikan pelayanan terbaik khususnya untuk penyakit jantung,” tegasnya.

Selain itu, Andi Ony mengatakan, rumah sakit harus bisa melakukan perubahan dan terobosan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, agar nantinya tidak tertindas oleh perubahan yang begitu cepat.

Operasi jantung terbuka di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tangerang ini merupakan yang pertama di Banten dan diharapkan bisa terus maju berkembang dalam melayani serta menangani masalah kesehatan terutama jantung.

RSUD Kabupaten Tangerang Berhasil Lakukukan Operasi Jantung Terbuka, Jadi yang Pertama di Provinsi Banten.

Berdasarkan keterangan Ketua Tim Pengampu Jejaring Kardiovaskuler Nasional Dr. dr. Hananto Ardiantoro, SP.JP mengungkapkan, operasi bedah jantung terbuka yang dilakukan RSUD Kabupaten Tangerang merupakan satu-satunya di Provinsi Banten.

Hananto juga berharap dengan keberhasilan ini bisa menekan jumlah kematian di Provinsi Banten yang dipicu oleh penyakit jantung dan kardiovaskular.

“Pengaruh dari operasi ini terhadap masyarakat adalah untuk menekan jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan kardiovaskuler,” ungkap Hananto.

Saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tangerang menjadi rumah sakit pengampu regional di Provinsi Banten yang diharapkan dapat terus berlanjut dan membina rumah-rumah sakit lainnya untuk melakukan tindakan intervensi koroner.

Mengingat Provinsi Banten ini cukup luas dan banyak penduduknya, sehingga membutuhkan pelayanan rumah sakit yang lengkap dan bagus.

Adapun, operasi jantung perdana RSUD Kabupaten Tangerang ini dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang selaku Ketua Dewan Pengawas.

Lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, jajaran Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, serta para dokter dari RS Harapan Kita.