TANGSELIFE.COM- Apel Siaga Perubahan Partai NasDem dihadiri Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan.

Kegiatan yang digelar di  Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat itu dihadiri puluhan ribu orang, Minggu, 16 Juli 2023.

Apel Siaga Perubahan yang dihadiri puluhan ribu orang itu, menurut Anies Baswedan, sebagai tanda masyarakat ingin perubahan untuk Indonesia kedepan.

“Kami berkumpul di tempat (GBK Senayan) ini dari seluruh Indonesia, menyatakan ingin perubahan dan perbaikan untuk Indonesia,” terang Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyatakan Apel Siaga Perubahan Partai NasDem sungguh istimewa.

Pasalnya, dalam kegiatan itu menampilkan kesenian dan kebudayaan Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Dalam Apel Siaga Perubahan itu, Anies juga mengatakan ada perwakilan dari Papua yang hadir dalam acara tersebut.

“Ketika matahari terbit di Papua, maka sebagian di Indonesia yang lain masih gelap. Insya Allah untuk Papua kita kirim pesan bahwa Indonesia akan meraih keadilan,” ujarnya.

Selain itu juga, Anies menyebut berkumpulnya orang di Stadion GBK Senayan ini juga menjadi momen yang sangat luar biasa.

Apalagi, ujar Anies juga, Apel Siaga Perubahan Partai NasDem itu digelar bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Surya Paloh.

“Hari ini jadi momen yang luar biasa, karena  bertepatan dengan HUT Abang kita semua, Bang Surya Paloh yang berulang tahun ke-72,” kata Anies juga.

Selain Surya Paloh, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga menghadiri Apel Siaga Perubahan tersebut.

AHY datang didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Rifky dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman sekitar pukul 14.00 WIB.

AHY mengaku senang dapat hadir langsung di GBK untuk menghadiri apel siaga perubahan kepada wartawan sesaat datang pada acara tersebut.

“Kami berbahagia bisa hadir di GBK. Menghadiri apel siaga perubahan yang diselenggarakan sahabat kami, Partai Nasdem,” terang AHY pada Minggu, 16 Juli 2023.

Selain AHY, acara Apel Siaga Perubahan itu juga dihadiri oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

Dalam kegiatan itu juga hadir sejumlah pengurus teras DPP PKS. Kegiatan itu juga terlihat hadir perwakilan Partai Golkar.

Tiga petinggi partai berlambang pohon beringin itu tampak duduk di kursi VVIP bersama dengan Ketua Partai NasDem Surya Paloh.

Ketiganya adalah Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani, Waketum Partai Golkar Rizal Mallarangeng dan Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar Supriansa.

Meski dihadiri puluhan ribu orang tapi acara berjalan tertib yang digelar sejak siang hingga sore.

Apel Siaga Perubahan Partai NasDem Bubar Lalu Lintas Sekitar GBK Macet

Setelah acara bubar, arus lalu lintas di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, macet parah sekitar pukul 18.00 WIB.

Pantauan, arus lalu lintas di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, macet total di kedua arah.

Itu terjadi karena banyak bus yang datang menjemput para kader Partai NasDem yang keluar dari Pintu 10 SUGBK.

Selain itu juga kemacetan parah juga terlihat di Jalan Gatot Subroto arah ke Senayan, Jakarta Pusat.

Kendaraan didominasi ratusan bus yang hendak menjemput para kader Partai NasDem usai menghadiri Ape Siaga Perubahan tersebut.

Selain itu juga, kemacetan terlihat di sepanjang Jalan Asia Afrika, baik yang mengarah ke Blok M maupun ke arah Gerbang Pemuda.