TANGSELIFE.COM– Sebelum mudik Lebaran 2023, Polres Tangerang Selatan meminta warga agar melapor ke pengurus RT dan RW atau tetangga.

Pelaporan itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan lingkungan selama musim mudik Lebaran.

Puasa Ramadan tinggal menghitung hari dan hari raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 segara tiba. 

Banyak warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berasal dari daerah mudik atau pulang kampung saat Idul Fitri 1444 nanti. 

Guna menjaga keamanan, Polres Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan imbauan kepada warga yang ingin mudik dan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong.

”Kami mengimbau warga yang meninggalkan rumah untuk mudik agar lebih dulu menginformasikan kepada tetangga, pengurus RT, dan RW,” terang Kasi Humas Polres Tangsel Ipda Galih, Jumat 14 April 2023. 

Selain itu, Ipda Galih juga meminta warga yang pulang kampung menginformasikan kondisinya rumah kosong yang ditinggalkan ke kantor polisi terdekat.

Nantinya, jika sudah melapor ke polsek terdekat maka akan ada polisi di lingkungan RW dan Bhabinkamtibmas yang akan berkoordinasi dengan pihak RT atau RW setempat. 

Polisi akan Patroli ke Rumah-rumah Kosong

Polisi akan melakukan patroli ke rumah-rumah yang kosong karena ditinggalkan mudik saat Lebaran 2023 ini.

”Jika sudah dilaporkan, maka polisi akan melakukan patoli dan melakukan pemantaun rumah-rumah yang kosong yang ditinggal mudik pemiliknya itu,” paparnya juga. 

Tapi, kata Ipda Galih juga, terpenting rumah kosong itu dilaporkan kepada tetangga terdekat atau RT dan RW setempat yang nantinya juga turut menjaga keamanan di rumah kosong tersebut. 

Nantinya, jika ada hal-hal yang mencurigakan maka polisi akan melakukan pengecekan. ”Jika ada laporan mencurigakan dari rumah kosong yang ditinggal mudik, akan datangi,” katanya juga. 

Ipda Galih juga mengatakan jajaran Polres Tangerang Selatan bersama jajaran polsek di bawahnya akan meningkatkan patroli untuk menciptakan lingkungan yang aman saat momen mudik. 

”Kepolisian akan meningkatkan patroli untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman di lingkungan masyarakat pada Lebaran 2023 ini,” tandasnya juga.