TANGSELIFE.COM- Sholat Idul Adha Muhammadiyah digelar hari ini, Rabu, 28 Juni 2023 di sejumlah tempat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Salah satunya di halaman Perguruan Muhammadiyah Setiabudi yang berlokasi di Jalan Surya Kencana, No.29, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel.

Sholat Idul Adha Muhammadiyah itu digelar di halaman SD dan SMP Muhammadiyah Setiabudi Pamulang itu diikuti ratusan jemaah.

Sejak pagi pukul 05.30 WIB, warga yang ingin sholat Idul Adha Muhammadiyah sudah mengalir ke lokasi tersebut.

Sholat Idul Adha Muhammadiyah
Foto dari atas nampak ratusan warga mengikuti sholat Idul Adha 2023 di halaman Perguruan Muhammadiyah Setiabudi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel, Rabu, 28 Juni 2023.

Jemaah yang terdiri dari orang tua, dewasa dan anak-anak datang secara bergerombol dan langsung menempati lokasi salat Idul Adha 1444 Hijriah tersebut.

Jadwal sholat Idul Adha Muhammadiyah yang dimulai pukul 07.00 WIB itu dengan imam dan khatib Ustad Hartono Rahimi.

Nampak kemacetan terjadi saat ratusan warga Muhammadiyah hendak memarkirkan kendaraannya di halaman Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang.

Selain itu, pantauan sholat Idul Adha Muhammadiyah juga digelar di halaman Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel.

Warga mulai berdatangan ke Kampus UMJ Ciputat Timur sejak pukul 05.40 WIB secara bergelombang.

Mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua berbondong-bondong mendatangi Kampus UMJ Ciputat Timur tersebut.

Informasi yang disampaikan sholat Idul Adha itu diimami oleh Wakil Dewan Pertimbangan MUI KH. Muhyiddin Junaidi.

KH. Muhyiddin Junaidi juga akan bertindak sebagai khatib dalam salat Idul Adha Muhammadiyah  1444 Hijriah tersebut.

Untuk diketahui, PP Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Rabu Kliwon atau Rabu 28 Juni 2023.

Penetapan waktu Idul Adha 1444 Hijriah itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah.

Penetapan itu sesuai maklumat bernomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir pada 21 Januari 2023 di Yogyakarta.