TANGSELIFE.COM – Santer kabar TikTok Shop gabung dengan Tokopedia, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan beri restu.

Mendag Zulhas mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini belum menerima pemberitahuan resmi terkait isu merger TikTok Shop dengan Tokopedia.

Kendati demikian, Mendag Zulhas memberikan izin bagi TikTok Shop untuk berkolaborasi dengan e-commerce, selama mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

“Kita tidak anti asing. Diatur, yang penting ditata harus bisa mendukung UMKM kita agar bisa memperluas pasarnya bahkan sampai ke internasional, ekspor.”

“Kalau itu (TikTok Shop gabung Tokopedia) tidak apa-apa. Kan sama-sama menguntungkan,” ujar Zulkifli di acara pengukuhan guru besar Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu 29 November 2023.

Sinyal TikTok Shop Gabung ke Tokopedia Makin Kuat

Sinyal usaha perdagangan TikTok bergabung ke Tokopedia makin kuat usai platform sosial media itu mengurus izin e-commerce ke Kementerian Perdagangan.

TikTok diketahui tengah dalam proses berinvestasi ke Tokopedia sebagai cara agar bisa membuka layanan TikTok Shop di Indonesia.

Bahkan disebutkan bahwa TikTok Shop akan merger dengan Tokopedia.

Namun, sumber lain mengatakan bahwa nantinya usaha TikTok ini akan berbentuk joint venture atau usaha patungan antara TikTok Shop dan Tokopedia.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan TikTok Shop tentu diizinkan merger dengan e-commerce selama tidak melakukan praktik predatory pricing.

“Mereka harus respek terhadap pengembangan ekonomi nasional. Kita ingin digital ekonomi juga mulai terapkan bisnis model yang berkelanjutan,” tandas Menkop-UKM Teten.

Selaras dengan yang disampaikan Menkop-UKM Teten, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi menyerukan agar ekosistem digital yang sehat tetap terjaga.

“Pokoknya begini, ekosistem digital ini mesti sehat. Kalau soal e-commerce dan merger kan urusan B2B.”

“Yang pasti, konsumen diuntungkan, negara juga diuntungkan karena tidak banyak barang impor, dan UMKM dilindungi,” tegasnya, Kamis 30 November 2023.