TANGSELIFE.COMSMK Islamiyah Ciputat, Tangerang Selatan meresmikan Business Center dan Bank Mini pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Business center dan bank mini merupakan salah satu program SMK Islamiyah Ciputat dalam mengembangkan kewirausahaan siswa dan siswi untuk memantapkan kemampuan dan penguasaan mereka terhadap kejuruannya.

“Intinya kami harus memfasilitasi dengan semua kompetensi dengan hal apapun baik hard skill maupun soft skill, supaya mereka mumpuni ketika mereka siap diterima di dunia kerja,” tutur Dian Rostikawati, SE, MM. selaku Kepala Sekolah SMK Islamiyah Ciputat.

Peresmian Business Center dan Bank Mini SMK Islamiyah Ciputat

Dengan mengikuti apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri serta pengembangan zaman di era teknologi dan digitalisasi, maka SMK Islamiyah Ciputat memberikan bekal pendidikan tersebut secara mandiri kepada siswa.

“Program ini kami kembangkan dalam rangka kita sebagai sekolah vokasi itu ada yang namanya mapel entrepreneur dan tujuan akhir dari sekolah vokasi adalah keterserapan di dunia kerja. Jadi kalau banyak yang bekerja dianggap sebagai keberhasilan dari para lulusan kami,” lanjutnya.

Dengan bekal keterampilan yang mumpuni kepada para peserta didik, sekolah menengah kejuruan tersebut berupaya membantu mengurangi jumlah pengangguran secara nasional untuk para lulusan vokasi, khususnya di wilayah provinsi Banten.

“Business center dan bank mini adalah salah satu upaya kami dalam mapel untuk wirausaha atau entrepreneur yang bisa mengeksplorasi apa yang menjadi inovasi dari program-program kami,” pungkas Dian.

Peresmian Business Center dan Bank Mini SMK Islamiyah Ciputat

Inovasi SMK Islamiyah Ciputat lewat peresmian business center dan bank mini mendapatkan apresiasi penuh dari H. Heru Agus Santoso, Ap. M.Si, selaku Asda 2 Ekonomi dan Pengembangan Masyarakat Tangerang Selatan.

Diharapkan, inovasi pembangunan business center dan bank mini di SMK Islamiyah Ciputat bisa menjadi inspirasi untuk sekolah kejuruan lainnya yang ada di Tangerang Selatan.

“Kami dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam hal ini terkait dengan inovasi yang dilakukan oleh teman-teman dewan guru dan murid SMK Islamiyah Ciputat terhadap pembentukan business center dan bank mini ini menjadi suatu inovasi yang sangat luar biasa, inovasi yang perlu dicontoh oleh semua vokasi SMK yang ada di Tangerang Selatan khususnya,” katanya.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMK Islamiyah Ciputat dan tentunya ingin menjadi contoh SMK yang lain,” puji H. Heru Agus Santoso.

Menurutnya, hadirnya bank mini di sekolah menengah kejuruan menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi siswa dan siswi sehingga mereka sudah memiliki bekal mengenai dunia perbankan setelah lulus nanti.

“Terkait dengan bank mini, hal ini menjadi sesuatu yang luar biasa sekali di awal siswa sudah dikenalkan dengan dunia perbankan, bagaimana proses perbankan, bagaimana produk-produk perbankan, sehingga anak ini begitu lulus dia sudah kenal dengan dunia perbankan,” pungkas Heru.