TANGSELIFE.COM – Wacana kerja sama pembuangan sampah dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke Lebak tak kunjung ada kepastian. Sudah 2024, tapi belum ada titik terang kerja sama itu akan berjalan.

Wacana kerja sama pembuangan sampah itu sudah dibahas oleh Pemkot Tangsel dan Pemkab Lebak pada 2023 lalu.

Kerja sama pembuangan sampah itu salah satunya soal pembuangan sampah dari TPA Cipeucang  Tangsel dibuang ke TPA Dengung Lebak pada awal 2024 ini.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, wacana kerja sama pembuangan sampah Tangsel ke Lebak itu masih dikaji oleh Pemkab Lebak.

Informasi yang didapat dari Pemkab Lebak, kerja sama pembuangan sampah Tangsel itu akan dimasukkan ke dalam sistem e-katalog.

“Karena nanti oleh Pemda Lebak diserahkan ke swasta (pengelolaannya-red) karena lahannya memang milik swasta,” kata Benyamin, Selasa, 30 Januari 2024.

Meski komunikasi sudah intens dilakukan, tetapi Benyamin belum mendapat kepastian kapan kerja sama pembuangan sampah Tangsel ke Lebak itu dapat terealisasi.

“Saya berharap segera rampung,” harap Benyamin.

Komunikasi Kerja Sama Pembuangan Sampah dengan Wilayah Lain

Meski berharap kerja sama dengan Pemkab Lebak dapat terealisasi, Benyamin mengaku juga membuka komunikasi dengan daerah lain sebagai awal kemungkinan penjajakan kerja sama.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi jika rencana kerjasama pembuangan sampah dengan Kabupaten Lebak tidak menemui titik terang.

“Semua peluang saya buka, sama siapa saja takutnya mentok,” katanya.

Benyamin menyebut sedikitnya ia membuka komuniksi dengan dua wilayah lain sebagai langkah awal penjajakan kerjasama pembuangan sampah.

“Misalnya komunikasi dengan Jawa Barat di TPA Nambo yang di Cibinong itu juga terus kita bicarakan,” ujarnya.

“Dengan Kabupaten Tangerang juga, di Jatiwaringin itu juga tetap dilakukan pembicaraan, seperti apa hasilnya memang masih menunggu perkembangan,” pungkasnya.

Kerja Sama Pembuangan Sampah dengan Pemkot Serang Berakhir

Diketahui saat ini Pemkot Tangsel masih menjalin kerja sama dengan Pemkot Serang untuk pembuangan sampah ke TPA Cilowong.

Kerja sama pembuangan sampah Tangsel ke TPA Cilowong sendiri terjalin selama 3 tahun dan akan selesai pada bulan April 2024 mendatang.

“Masih sampai bulan April kerja sama dengan Kota Serang, sambil terus kita lakukan jajaki dengan Lebak, mudah-mudahan itu juga tidak ada hambatan,” pungkasnya.

wivy
Editor
Andre Pradana
Reporter