TANGSELIFE.COM-Jenazah Ibin Mukorobin Bin Emo, 55, korban meninggal kedua kecelakaan Bus Duta Wisata yang terbalik masuk sungai di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, sudah dimakamkan. 

Almarhum Ibin dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Paku Jaya, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan diiringi tangisan keluarganya, Senin 8 Mei 2023 sekitar pukul 11.30 WIB.

Ibin sempat mendapatkan perawatan intensif di Ruang ICU RSUD dr. Soeselo, Slawi, Kabupaten Tegal. Tapi akhirnya dia meninggal pada Senin 8 Mei 2023 sekitar pukul 02.00 dini hari.

Setelah itu sekitar pukul 06.00 WIB, jasad Ibin langsung dibawa dari Kabupaten Tegal ke rumah duka yang berada di Jalan Kayu Gede 2, Kelurahan Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. 

Setibanya di rumah duka, jenazah korban tewas kecelakaan bus naas itu langsung disambut dengan tangisan haru keluarga korban. 

Kedatangan jenazah juga disambut oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. Orang nomor satu di Kota Tangsel itu datang bertakziah sambil mengucapkan ucapan duka cita serta memberikan bantuan. 

Untuk diketahui, Ibin Mukorobin Bin Emo merupakan korban kedua yang tewas dalam tragedi bus terbalik di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023 pukul 08.30 WIB.

Sebelumnya, korban lainnya yang bernama Maja Bin Sitem, 58, sudah dikebumikan beberapa jam sebelumnya pada Senin 8 Mei 2023 dinihari. 

Pemakaman korban bernama Maja Bin Sitem, 58, dilakukan di pemakaman keluarga yang berlokasi di Kelurahan Pondok Serut, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pemakaman digelar sesaat korban meninggal kecelakaan bus itu tiba dari Kabupaten Tegal menggunakan ambulans milik Dinkes Kota Tangsel Senin 8 Mei 2023 sekitar pukul 01.22 WIB dinihari.

Sesaat tiba, jenazah Maja Bin Sitem langsung dimandikan dan salatkan di Masjid Jami Nurul Hikmah, Kelurahan Pondok Serut, Kecamatan Serpong Utara.

Pelaksanaan pemakaman yang berlangsung pukul 02.40 WIB dini hari itu dihadiri Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan dan puluhan warga setempat. 

Dengan meninggalnya Ibin, maka korban terbaliknya bus Bus Duta Wisata di kawasan wisata alam Guci, Kabupaten Tegal, menjadi dua orang. 

Bus Duta Wisata Belum Dievakuasi 

Sementara itu, bangkai bus Duta Wisata dengan nomor polisi B 7260 OGA hingga kini masih berada di lokasi kecelakaan dan belum diangkat. 

Pihak kepolisian hingga kini belum mengangkat bus naas itu dari sungai yang ada di dekat parkiran kawasan wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan pihaknya masih menunggu alat berat untuk mengevakuasi bangkai bus berwarna merah itu dari dalam sungai.

Sajarod juga mengatakan untuk mengevakuasi bangkai bus yang dinaiki rombongan peziarah asal Kota Tangerang Selatan yang mengalami kecelakaan itu memang membutuhkan alat berat. 

“Memang belum kami evakuasi. Rencananya Minggu malam tapi cuaca hujan. Tapi pagi ini rencananya mau diangkat,” terangnya, Senin 8 Mei 2023.

Tapi sepertinya pengangkatan bangkai bus berukuran besar itu akan tertunda pada Senin 8 Mei 2023 ini, karena crane yang akan mengangkat bus itu tidak bisa masuk ke lokasi kecelakaan. 

“Alat berat crane yang tadinya direncanakan menarik bangkai bus tidak bisa sampai ke lokasi. Karena medan jalan sulit untuk dilalui kendaraan berat itu,” terangnya juga.

Kalau dipaksakan, ujar Sajarod lagi, dikhawatirkan membahayakan lalu lintas dan membuat macet sekitar lokasi kecelakaan tersebut. 

“Hingga kini kami masih mencari alat berat yang sesuai untuk mengangkat bus itu. Selain itu juga, crane ini harus juga sesuai dengan besarnya jalan menuju lokasi,” tandasnya juga.