TANGSELIFE.COM – Tebing di exit tol Bintaro Veteran, dekat SPBU Kodam Bintaro longsor pada sore hari Sabtu, 6 Juli 2024.

Dari sejumlah video di Instagram memperlihatkan momen saat tanah longsor itu jatuh ke jalan raya bertepatan dengan curah hujan lebat yang sedang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Detik-detik terjadinya longsor di tebing exit tol Bintaro Veteran titik kenal SPBU Kodam Bintaro, Jaksel menjelang sore hari ini,” tulis keterangan video di Instagram @jakartaselatan24jam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan, longsornya tebing tol Bintaro terjadi sekitar pukul 13.25 WIB dan assesment pendataan dilakukan pada pukul 15.30 WIB.

Lebih lanjut, pihak mereka juga mengungkapkan bahwa penyebab peristiwa itu terjadi dipicu karena hujan deras yang mengguyur di wilayah setempat.

Penanganan pertama yang dilakukan oleh mereka adalah berkoordinasi dengan perangkat RT dan RW setempat. Kemudian mereka meninjau lokasi longsor TRC BPBD DKI Jakarta.

“Ketiga, tanah yang menutupi jalan telah dilakukan pengerjaan oleh pihak Jasa Marga selaku pengelola tol,” ungkap Isnawa Adji selaku Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan data yang diperoleh petugas di lapangan, ruas panjang tanah di tebing tersebut mencapai 6 meter dengan ketinggian 2 meter.

Hingga kini, pihak Jasa Marga masih menginventarisir total kerugian yang dialami.

Akibatnya dari kejadian tersebut, akses jalan tertutup.

BPBD DKI Jakarta mengungkapkan, tak ada korban jiwa atau keluarga yang terdampak atas kejadian ini.

Penampungan pengungsi juga tak diperlukan mengingat tak ada warga yang terungsi dari rumah mereka.

Pembersihan Ruas Jalan dekat Tebing Tol Bintaro yang Longsor Ditargetkan Rampung Malam Ini

Personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta dan petugas Jasa Marga melakukan pembersihan longsor tebing tol di Jalan Mulia Bhakti RT 06 RW 01, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pihak kelurahan berkoordinasi dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan untuk membantu proses pembersihan lokasi dari puing dan tanah.

Pihaknya menargetkan malam ini akses jalan bisa kembali normal. Sementara itu untuk perbaikana tebing akan diserahkan kepada pihak Jasa Marga.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter