TANGSELIFE.COM – Dua pasangan bakal Calon Presiden (Capres) – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2024 telah melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Dua pasangan bakal Capres-Cawapres yang sudah menjalani tes kesehatan itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Serta pasangan bakal Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD pun sudah melakukan tes kesehatan sebagai syarat mendaftar di KPU.

Dua pasangan itu melakukan tes kesehatan dihari berbeda. Pasangan Anies-Imin melakukan tes keseahtan lebih dulu pada Sabtu (21/10/2023).

Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud melakukan tes keseahatan di RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (22/10/2023). 

Kedua pasangan itu telah menjalani pemeriksaan selama 9 jam di RSPAD Gatot Subroto. Tes kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Tes kesehatan ini wajib dilakukan oleh para bakal Capres-Cawapres sesuai dengan Peraturan KPU. KPU nantinya akan memverifikasi hasil tes kesehatan terbaru dengan berkas yang sudah terlampir sebelumnya saat pendaftaran.

Nantinya hasil tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto itu akan ditentukan melalui sidang pleno di RSPAD Gatot Subroto yang melibatkan para ahli medis dan psikologis. Semua data yang didaftarkan akan diuji sesuai pasal 13-21 Peraturan KPU Nomor 19 tahun 2023.

“Alhamdulillah, kami telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto,” kata Anies dalam unggahan instagramnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Cak Imin, dalam akun instagramnya @cakiminnow mengungkap, bersyukur telah menjalani tes kesehatan sebagai syarat pendaftaran Pemilu 2024.

“Alhamdulillah pemeriksaan kesehatan hari ini berjalan sukses dan lancar. Kami berdua sehat walafiat,” kata Cak Imin.

Cak Imin pun turut membagikan tips agar tetap sehat di tengah kesibukannya menjalani aktivitas politik dna persiapan Pemilu 2024 sebagai bakal cawapresnya Anies Baswedan itu.

“Tadi ada yang bertanya, gimana tips biar sehat di tengah cuaca ekstrim seperti hari-hari ini. Saya jawab; Pertama, banyakin bersyukur, dengan mempertebal IMAN. Kedua, positif thinking untuk jaga IMUN. Ketiga, selalu AMINkan AMIN.

Jadi singkatnya itu IMAN, IMUN, dan AMIN,” papar Cak Imin.

Sementara itu, bakal Capres Ganjar Pranowo juga turut mrngunggah momen dirinya dan Manfud MD mengenakan pakaian untuk tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Tes Kesehatan Capres-Cawapres
Bakal Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Minggu (22/10/2023).

Dalam unggahannya itu, Ganjar tak panjang-panjang menuliskan caption pada foto yang diunggahnya. Ganjar hanya berdoa kelancaran dan sehat.

“InsyaAllah lancar, sehat dan berkah,” tulis Ganjar.

Sementara Mahfud MD pada akun instagramnya @mohmahfudmd tak nampak mengunggah momen dirinya bersama Ganjar Pranowo melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Prabowo-Gibran Belum Jalani  Tes Kesehatan

Kini, tersisa pasangan bakal Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang belum melakukan tes kesehatan.

Prabowo Gibran
Pasangan bakal Capres-Cawapres Prabowo Subiant-Gibran Rakabuming Raka dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pasangan ini baru resmi terbentuk setelah Prabowo mendeklarasikan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapresnya Minggu (22/10/2023) malam.

Rencananya, Prabowo-Gibran akan melakukan pendaftaran sebagai epserta Pemilihan Presiden dalam Pemilu 2024 ke KPU pada Rabu 25 Oktober 2023 mendatang.

Soal tes kesehatan tersebut, KPU nantinya akan mengumumkan hasilnya secara serentak ketiika 3 pasangan calon tersebut sudah melakukan tes kesehatan.