TANGSELIFE.COM-Ganjar Pranowo sah menjadi Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 usai diumumkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Jumat 21 April 2023.

Sebelum dideklarasikan oleh PDIP ternyata sudah ada partai sebelumnya yang mengusung Gubernur Jawa Tengah tersebut, jadi Capres pada Pemilu 2024. 

Dengan didukung PDIP maka secara resmi sudah tiga partai mendukung Ganjar Pranowo yang bakal bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2023.

Adapun dua partai nonparlemen yang sebelumnya melakukan pencapresan terhadap Ganjar Pranowo yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Untuk diketahui sebelumnya, pada Senin 3 Oktober 2023 lalu, PSI menjadi partai pertama yang mencapreskan Ganjar Pranowo melalui polling Rembuk Rakyat. 

Selanjutnya, dukungan kepada Ganjar Pranowo datang dari partainya sendiri, yakni PDIP. Usai dideklarasikan PDIP dukungan terhadap Ganjar dilanjut oleh Partai Hanura.

PSI Capreskan Ganjar Pranowo

Pada awal Oktober 2022 lalu, PSI memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres di Pilpres 2024. 

PSI menyebut keputusan itu berdasarkan hasil polling Rembuk Rakyat yang telah dilakukan sejak akhir Februari 2022.

“Hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024,” ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin 3 Oktober 2022.

Grace juga mengatakan Ganjar unggul dibandingkan calon lain. Dia menilai Ganjar memiliki sikap kebangsaan yang diperjuangkan PSI.

“Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya,” ujar Grace juga. PSI mengaku tidak mengundang Ganjar Pranowo saat mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres. 

PSI merasa tak perlu untuk memberi tahu Ganjar. Grace Natalie membahas soal polling yang disebut PSI sebagai dasar memberikan dukungan kepada Ganjar.

Megawati Umumkan Ganjar Pranowo Capres

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan bakal capres dari partainya. Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sebagai kader dan petugas partai ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023.

Megawati didampingi oleh Presiden Jokowi saat pengumuman Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP. 

Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Setelah Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres, Megawati memakaikan peci hitam Bung Karno kepada Ganjar Pranowo. 

Ganjar berkesempatan bicara usai resmi menjadi capres PDIP mengatakan mendapat kehormatan ditugaskan sebagai Capres PDIP.

“Tentu ini adalah suatu keputusan yang diambil ketua umum melalui proses yang sangat panjang. Sebuah kehormatan buat saya mendapatkan tugas ini sebagai kader partai,” terangnya. 

Ganjar berterima kasih kepada Megawati, Puan Maharani, Prananda Prabowo, Jokowi, hingga Hasto Kristiyanto dalam pencalonannya jadi Capres 2024. 

Hanura Susul Dukung Ganjar Pranowo

Usai PDI-P mendeklarasikan Ganjar Pranowo, satu hari kemudian Partai Hanura mendeklarasikan dukungan penuh untuk Gubernur Jawa Tengah itu menjadi Capres 2024.

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang atau OSO mengatakan  keputusan PDIP menunjuk Ganjar sebagai capres sudah tepat. 

“Partai saya, Partai Hanura dengan seluruh perangkatnya, memutuskan bersama seluruh cabang-cabang yang ada di Indonesia sepakat mendukung Ganjar Pranowo,” terang OSO, Sabtu (22/4/2023).

PAN Bakal Dukung Ganjar Juga?

Bagaimana dengan PAN, apakah juga akan mendukung Ganjar Pranowo? Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menilai PDIP tetap butuh dukungan papol lain saat Pilpres 2024.

Meski partai berlambang moncong putih itu bisa mengusung sendiri Capres pada Pemilu 2024 nanti karena perolehan partainya pada Pemilu 2019 lalu.

Saleh menyampaikan hal tersebut saat ditanya terkait sikap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) usai PDIP mengumumkan Ganjar sebagai capres. 

Saleh menyatakan kalau koalisi KIB yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP itu masih tetap solid. “Sampai sejauh ini KIB masih solid,” terangnya. 

“Apakah kami punya calon sendiri, atau bergabung dengan calon yang lain? Apakah kami akan gabung masuk dalam koalisi besar? Ya mudah-mudahan tetap sama,” ujar  Saleh, Sabtu 22 April 2023.