TANGSELIFE.COM – Tim nasional (Timnas) Indonesia yang sedang berlaga di Piala Asia U-23 2024 mendapat sumbangan Rp23 Miliar dari para pengusaha.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah baru dengan melaju ke semifinal Piala Asia U-23.

Sebelumnya, Timnas Indonesia sukses ‘memulangkan’ Korea Selatan lewat adu penalti pada babak perempat final.

Dengan raihan tersebut, langkah Indonesia sudah dekat menuju ajang perlombaan multievent bergengsi di dunia, Olimpiade Paris 2024.

Prestasi sekaligus sejarah baru yang ditorehkan Timnas Indonesia pun berhasil meraup dukungan finansial dari para pengusaha.

Sumbangan untuk Timnas Indonesia terjadi secara spontan saat acara syukuran dan halalbihalal Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) di Jakarta, Minggu.

Penggalangan dana dipimpin oleh Maruarar Sirait, dengan didampingi oleh Ketua KIKT Garibaldi Thohir, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, dan Wakil Ketua Umum III Kadin Shinta Kamdani.

“Setuju enggak kita gotong royong untuk memberikan penghargaan dan support bagi tim nasional kita. Setuju ya? Tapi ini sukarela ya, tidak ada paksaan,” ucap Maruarar.

“Kita KIKT juga harus support kepada yang membanggakan, jadi kita mulai dari grup saya, buat tim nasional Indonesia Rp1 miliar,” lanjutnya.

Inisiasi tersebut diikuti oleh sejumlah pengusaha seperti CEO Indofood dan Salim Group Anthony Salim, bos Alfamart Djoko Susanto, bos ACE Hardware Kuncoro Wibowo, dan bos Bali United Pieter Tanuri.

Maruar mengatakan bahwa sumbangan dari para pengusaha ini merupakan sebuah bentuk rasa bangga terhadap Timnas Indonesia.

“Pak Erick, lapor, ini gotong royong dari acara KIKT, spontan ya, buat memberikan semangat. Kami bangga sama Pak Erick, Pak Shin Tae-yong, dan semuanya. Salam hormat buat teman-teman,” ujar Maruarar lagi.

Ketua MUI Ajak Masyarakat Indonesia Doakan Timnas Indonesia

Rasa bangga atas prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 turut dirasakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Iskandar.

“Alhamdulillah tim nasional U-23 kita yang berlaga di Qatar telah berhasil pada babak perempat final, itu prestasi yang sangat membanggakan kepada kita semua, bangsa Indonesia,” kata Anwar.

Oleh karena itu, Anwar mengajak masyarakat untuk mendoakan Timnas Indonesia agar lolos menuju Olimpiade Paris 2024.

“Saya mengajak kepada semuanya untuk mendoakan agar anak-anak kita berhasil pada babak-babak berikutnya.”

“Mudah-mudahan membawa harum nama bangsa Indonesia,” ujarnya lagi, Minggu 28 April 2024.

Anwar pun memberikan apresiasi kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Pelatih Timnas Shin Tae-Yong, dan para pemain yang telah mencurahkan segenap jiwa dan raga demi bangsa Indonesia.

“Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketum PSSI, Pelatih Shin Tae-Yong, dan seluruh pemain-pemain yang berlaga di Qatar,” katanya.