TANGSELIFE.COM – Penjual hewan kurban di Tangerang Selatan (Tangsel) bagikan tips memilih hewan kurban yang sehat sesuai syariat.

Penjual hewan kurban di Tangsel sudah mulai bermunculan menjelang peringatan Idul Adha 1445 Hijriah. 

Penjual hewan kurban di Tangsel menjajakan berbagai hewan kurban seperti kambing, sapi dan kerbau.

Hewan yang digunakan untuk kurban pun harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya harus dalam keadaan sehat atau sedang tidak terserang penyakit.

Penjual hewan kurban di Tangsel, Purnomo mengatakan, sehat atau tidaknya seekor hewan bisa terlihat dari ciri-ciri fisiknya.

Menurut pria yang sudah berjualan hewan kurban selama empat tahun itu, hewan dengan keadaan sehat biasanya ditandai dengan memiliki bulu yang tidak kusam dan bersih.

Hewan yang sehat juga terlihat dari aktivitas geraknya yang lincah dan aktif.

Purnomo menyebut, salah satu fisik yang bisa dijadikan barometer sehat atau tidaknya hewan yaitu dari telinganya.

“Kalau hewan yang sehat ciri-cirinya itu dilihat dari kupingnya. Kalau hewan yang istilahnya sakit, itu udah ketawan kupingnya gak mungkin tegak, pasti loyo gitu turun,” kata Purnomo, Rabu, 8 Mei 2024.

Selain itu, sehat atau tidaknya hewan khususnya sapi bisa dilihat dari nafsu makannya.

Menurutnya sapi merupakan hewan yang memiliki nafsu makan yang sangat tinggi, sehingga ketika sapi tidak nafsu makan maka patut dicurigai hewan tersebut sedang dalam keadaan tidak sehat.

“Sapi itu kan hobi makan, apalagi sapi bali, itu bisa kita lihat nafsu makannya tinggi atau tidak, sapi walaupun lagi tiduran pasti tetap ngunyah,” terangnya.

“Tapi kalau memang istilahnya dikasih makan tidak mau, nafsu makannya kurang, itu udah ciri-ciri hewan kurang sehat,” tambahnya.

Menurut Purnomo, selain dari fisik, kesehatan hewan juga bisa terlihat dari kotoran yang dikeluarkan hewan tersebut.

Dikatakannya, hewan sehat tentu memiliki sistem pencernaan yang baik, sehingga tidak mengeluarkan kotoran yang berair.

“Dari kotorannya juga bisa, kalau dari kotorannya menggumpal itu Insya Allah sehat, karena pencernaannya tidak bermasalah,” pungkasnya.

 

Simak Berita Menarik Lain di Tangselife.com dan Infotangerang.id

Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter