TANGSELIFE.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) secara resmi buka penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran program studi S1 Kedokteran.

Prof Ganefri selaku rektor UNP mengungkapkan kalau penerimaan mahasiswa baru ini menyediakan kuota sebesar 20 persen bagi mahasiswa kurang mampu yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Penerimaan mahasiswa baru ini menyediakan kuota 20 persen bagi calon mahasiswa kurang mampu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dengan prestasi akademik tinggi,” kata Prof Ganefri seperti dikutip dari situs resmi UNP.

Ini menjadi komitmen Universitas Negeri Padang agar semua orang bisa menjadi dokter, termasuk mereka yang memiliki prestasi dan kompetensi yang baik dari keluarga miskin.

Fakultas Kedokteran UNP yang ada di Bukittingi sudah disiapkan dengan konsep belajar smart building, menggunakan sistem digital leadership, digital management,  dan digital learning.

Nantinya pelaksanaan kegiatan kuliah akan dipusatkan di Kampus Universitas Negeri Padang Bukittinggi dengan Rumah Sakit praktek utama Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM).

Syarat Penerimaan Mahasiwa Fakultas Kedokteran Jalur Mandiri

  • Lulusan SMA/MA tahun 2021, 2022, dan 2023
  • Lulusan SMA/MA tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dan bagi siswa lulusan SMA/MA 2023 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah Atas
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna minimal dikeluarkan oleh Puskemas/Klinik yang ditandatangani oleh Dokter
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
Universitas Negeri Padang
Penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UNP melalui jalur mandiri

Jadwal Penerimaan/Pendaftaran

Bagi kamu calon mahasiswa atau mahasiswa Universitas Negeri Padang program studi S1 Kedokteran, berikut ini jadwal penerimaan/pendaftaran yang bisa diikuti:

Seleksi Nilai UTBK-SNBT

  • Pendaftaran online seleksi nilai UTBK-SNBT tanggal 1 sampai 8 Agustus 2023
  • Pengumuman hasil seleksi nilai UTBK-SNBT tanggal 10 Agustus 2023

Ujian Tulis Berbasis Komputer

  • Pendaftaran online seleksi ujian tulis tanggal 1 sampai 15 Agustus 2023
  • Ujian Tulis Berbasis Komputer tanggal 18 Agustus 2023
  • Pengumuman hasil seleksi ujian tanggal 21 Agustus 2023 melalui situs https://spmb.unp.ac.id/hasil-seleksi

Pendaftaran ulang dan pemeriksaan kesehatan

  • Pembayaran dan pemeriksaan kesehatan tanggal 21 sampai 22 Agustus 2023
  • Pendaftaran ulang tanggal 21 sampai 25 Agustus 2023

Pembayaran SPI dan UKT tanggal 21 sampai 25 Agustus 2023 melalui online di semua kantor cabang Bank Nagari.

Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Jalur Mandiri Universitas Negeri Padang

  1. Daftarkan diri melalui situs http://spmb.unp.ac.id/mandiri dengan mencantumkan biodata (nama, nomor ponsel, dan tanggal lahir) untuk mendapatkan nomor rekening dan nominal uang pendaftaran, serta User Id dan PIN.
  2. Pembayaran uang pendaftaran meliputi biaya Seleksi Nilai UTBK-SNBT sebesar Rp250.000 dan Ujian Tulis Berbasis Komputer sebesar Rp500.000. Pembayaran bisa dilakukan lewat teller Bank Nagari atau transfer melalui seluruh ATM (Bank Nagari, ATM Bersama, dan ATM Prima).
  3. Melakukan pengisian borang pendaftaran melalui situs http://spmb.unp.ac.id/mandiri untuk selanjutnya mendapatkan bukti pendaftaran (kartu peserta)
  4. Tata cara pengisian borang pendaftaran bisa diunduh melalui situs http://spmb.unp.ac.id/mandiri

Sumbangan Pengembangan Institusi dan Daya Tampung

  1. Sumbangan Pengembangan Institusi Rp75.000.000
  2. Daya tampung berjumlah 50 orang (tersedia kuota 20 persen bagi calon mahasiswa kurang mampu dengan prestasi akademik)

Demikian informasi mengenai Universitas Negeri Padang yang membuka Fakultas Kedokteran program studi S1 Kedokteran serta langkah-langkah pendaftarannya.