TANGSELIFE.COM – Pasca longsor di Tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan perbaikan permanen.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa, 16 April 2024.

Basuki mengatakan, perbaikan permanen Tol Bocimi itu akan dimulai pekan depan.

Lanjutnya, proses perbaikan akan membutuhkan waktu sekitar dua bulan sehingga kemungkinan jalan Tol Bocimi bisa digunakan pada Juni mendatang.

“Prosesnya ini kira-kira dua bulan, pekan depan akan sudah dimulai untuk perbaikan permanen,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, Jalan Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak mulai dibuka dari Pintu Cigombong (KM 60) menuju ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (KM 72) – Sukabumi sejak pukul 12.00 WIB.

Dengan itu pun para pengguna jalan itu, tak dipungut biaya alias gratis.

“Dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional untuk kendaraan golongan 1, di mana pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh Polres Sukabumi,” ujar Endra.

Lanjut Endra, setelah dilakukan penanganan darurat dan pembersihan di ruas Cigombong – Cibadak Km 64+600.

Lalu Kementerian PUPR bersama Kepolisian Resort (Polres) Sukabumi memastikan bahwa ruas tersebut dapat difungsikan untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas selama libur Lebaran 2024.

Untuk ruas tol yang dibuka fungsional tersebut akan diberlakukan sistem buka-tutup dengan jam operasional dalam kendali Polres Sukabumi.

Kemungkinan antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Kementerian PUPR bersama PT Trans Jabar Tol, selaku badan usaha jalan tol (BUJT), akan tetap siaga di lapangan untuk memastikan operasional jalan tol fungsional tersebut berjalan dengan lancar.

Sopiyan
Editor