TANGSELIFE.COM – Viral sebuah Sekolah Dasar (SD) di Sidoarjo memberlakukan jam tidur siang bagi siswa-siswinya di kelas.

Di media sosial, foto kegiatan tidur siang SD di Sidoarjo ini dibagikan akun Instagram @folkative, Jumat 1 Desember 2023.

Dalam foto yang dibagikan, tampak para siswa-siswi berseragam SD bersama-sama berbaring beralaskan karpet dan bantal di dalam kelas.

Terlihat pula seorang guru yang mengawasi jalannya kegiatan tidur siang para siswa-siswi tersebut.

“SD di Sidoarjo bikin sistem tidur siang selama satu jam dan tidak ada PR,” bunyi narasi foto yang dibagikan @folkative.

Selain Jam Tidur Siang, SD di Sidoarjo Meniadakan PR

Jam tidur siang ini diterapkan oleh SD Muhammadiyah IV yang berada di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

Para siswa-siswi di SD Muhammadiyah IV Sidoarjo ini diwajibkan tidur siang selama satu jam, mulai pukul 13.00 WIB sampai 14.00 WIB di dalam kelas.

Salah seorang guru SD Muhammadiyah IV Sidoarjo, Kiki Arya Wijaya mengatakan, kebijakan jam tidur siang baru diterapkan tahun 2023.

“Baru tahun ajaran ini kami menerapkan pelajaran tidur siang,” ujar Kiki.

Kagiatan tidur siang ini bermula ketika para guru melihat para siswa sering mudah lelah dan sering minta cepat pulang.

“Sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta untuk pulang,” ujar Kiki lagi.

Setelah diterapkan jam tidur siang, perubahan para peserta didik pun terlihat cukup signifikan.

Menurut Kiki, kemampuan para siswa dalam berkonsentrasi meningkat, khususnya di sekolah yang menerapkan full day school.

“Alhamdulillah setelah beristirahat, konsentrasi para siswa naik sehingga mampu menyerap pelajaran hingga sore hari,” terangnya.

Disamping itu, Kiki meyakini bahwa adanya jam tidur siang di sekolah membuat siswa menjadi lebih segar.

Selain jam tidur siang, SD MuhammadiyahIV Sidoarjo juga meniadakan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR), sehingga semua tugas harus selesai di sekolah.