TANGSELIFE.COM – Belakangan ini beredar video yang menayangkan 2 TKW di Hongkong berbaju seksi joget di tengah keramaian.

Tenaga Kerja Wanita (TKW) merupakan istilah untuk tenaga kerja wanita dalam negeri yang bekerja di luar negeri.

Mereka rela bekerja hingga ke luar negeri untuk meraup cuan di tengah kemegahan kota pilihan mereka.

Dengan demikian dua wanita yang nampak joget di tengah keramaian tersebut merupakan Tenaga Kerja Wanita asal Indonesia yang sedang bekerja di Hongkong.

Sayangnya, penampilan mereka dalam video tersebut terlihat cukup terbuka, sehingga menimbulkan sejumlah reaksi dari netizen Indonesia.

Kedua wanita berambut panjang tersebut sama-sama mengenakan busana crop cukup ketat hingga memperlihatkan area perut.

Sejumlah netizen mengaku malu dengan kelakuan dua wanita tersebut, pasalnya aksinya itu dilakukan di tengah keramaian dan dinilai merusak citra para TKI terutama para TKW asal Indonesia.

Bahkan, sejumlah warga Hongkong yang melintas dibuat heran dengan aksi joget yang mereka lakukan itu.

“Masyarakat asli Hongkong sampe kebingungan,” ucap salah seorang netizen.

“Ya iya lah warga Hongkong aja sopan-sopan dalam berpakaian,” sahut yang lain.

“Malu-maluin negara aja,” kata netizen.

Hongkong sendiri dikenal sebagai pusat keuangan dan bisnis di Asia dan hal ini menciptakan beragam peluang karier bagi para TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

Lapangan kerja bagi TKI di Hongkong mencakup berbagai sektor, mulai dari industri perhotelan hingga pekerjaan rumah tangga.

Besarnya penghasilan yang ditawarkan membuat Hongkong menjadi destinasi pilihan bagi banyak TKI yang berharap meningkatkan taraf hidup mereka.

Pekerjaan rumah tangga, pengasuh anak, atau pekerjaan di sektor layanan di Hongkong memberikan penghasilan jauh lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan serupa di Indonesia.

Namun, di balik gemerlapnya kehidupan di Hongkong, muncul tantangan terkait adanya kebebasan berekspresi dan penurunan adab serta sopan santu sebagai bangsa Indonesia.

TKW asal Indonesia yang bekerja di Hongkong dinilai terlalu berlebihan dalam mengekspresikan diri mereka, bahkan dinilai melampaui batas norma sosial dan budaya Indonesia.

Fenomena seperti ini menciptakan kontroversi, terutama terkait dengan aksi beberapa TKW yang senang berpakaian minim dan berperilaku yang dianggap kurang pantas di tempat umum.

Dengan begitu, aksi viral TKW di Hongkong tersebut bisa dijadikan pelajaran untuk para TKI, terutama wanita yang bekerja di luar negeri untuk tetap mengedepankan moral dan sopan santun.