TANGSELIFE.COM – Tol Cimaci atau Cimanggis-Cibitung akan dioperasikan secara fungsional untuk mudik lebaran 2024.

Disebutkan Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, dengan adanya tol tersebut akan menambah

kelancaran arus kendaraan dari tol Jagorawi yang hendak menuju Trans Jawa.

“Tol Cimaci ini, sudah siap semua infrastrukturnya, namun, jika nantinya ada kebijakan dari Korlantas Polri untuk jam operasionalnya, itu tentu ada dasar kebijakannya,” ujarnya, Minggu, 31 Maret 2024.

Endra mengatakan, nantinya setiap kendaraan yang akan masuk dari arah Bogor dapat langsung terus ke Tol Cimaci atau Cimanggis Cibitung sepanjang 25,75 Km.

Sehingga setiap kendaraan bisa langsung meneruskan perjalanan ke ruas tol Jakarta – Cikampek non Elevated tepatnya di KM 25.

“Jika nanti terjadi kepadatan, itu karena ada pengurangan lajur juga dari 3 menjadi 2, dan nanti akan dibuang dari Setu Utara ke arah Tambun di KM 21, dialihkan, hanya kalau terjadi beban traffic yang luar biasa,” jelasnya.

Lanjut Endra, akan ada pula skema pengaturan lain untuk menghadapi kondisi lalu lintas apabila sudah terlanjur terjadi kepadatan di dalam ruas tol Japek.

Dimana nantinya kendaraan akan dialihkan dan dikeluarkan di KM 21 tol Japek dan meneruskan lewat Jalan Daerah sebelum kembali memasuki ruas tol berikutnya.

“Skema ini tujuannya agar tidak menumpuk kendaraan di dalam ruas tol, keluar nanti di KM 21 baru masuk lagi ke tol arah Cirebon, tapi itu masuk ke jalan daerah dulu,” ungkapnya.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung bakal beroperasi secara fungsional dalam dua arah, baik ke arah Timur untuk arus mudik, maupun arah Barat untuk arus balik.

Sedangkan untuk saat ini jalur fungsional tersebut sudah siap dibuka secara fungsional H-7 lebaran.

“Kami dari PUPR sudah sangat siap dari arus mudik sampai arus balik. Dan terus berkoordinasi dengan Korlantas Polri,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor