TANGSELIFE.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan banjir akibat Sungai Cisadane meluap di Perumahan Pesona Serpong telah surut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, Fahrizal Gumay mengatakan, banjir akibat Sungai Cisadane meluap di Pesona Serpong sendiri mulai surut sejak hari Rabu, 22 November 2023 kemarin.

“Banjir akibat Sungai Cisadane meluap sudah surut total, kemarin pada saat kita pembagian logistik pun sekitar jam 09.00 sudah surut,” kata Gumay, ketika dihubungi Tangselife.com, Kamis, 23 November 2023.

Gumay mengungkapkan, setelah genangan air Sungai Cisadane meluap telah surut, petugas gabungan dari BPBD dan Damkar langsung melakukan pembersihan rumah warga dan beberapa fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di lokasi kejadian.

Ia pun menyebut, saat ini seluruh warga yang sebelumnya dievakuasi oleh petugas telah kembali ke rumah masong-masing.

“Posyandu kita bersihkan, balai warga juga sudah kita bersihkan. Warga sudah kembali ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Gumay menuturkan, kejadian banjir akibat Sungai Cisadane meluap itu seharusnya menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Pasalnya, lanjut Gumay, aliran sungai Cisadane meluap itu melewati sedikitnya 3 wilayah Kabupaten dan Kota dapat berpotensi kembali menggenangi pemukiman masyarakat.

“Karena kan tidak hanya di Kota Tangsel, di Kota Tangerang juga banjir. Seharusnya Provinsi minimal memberikan peringatan dini, misalnya ketinggian air sudah mencapai berapa terus statusnya siaga berapa,” ungkapnya.

“Itu harus dikasih tahu, agar masyarakat dapat mengantisipasi dengan persiapan,” pungkas Gumay. (Andre)

Intan
Editor
Intan
Reporter