TANGSELIFE.COM – Sebanyak 371 atlet asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Peparpeda atau kejuaraan olahraga khusus pelajar disabilitas.

Untuk tahun 2024 ini, kejuaraan multi event terbesar di Provinsi Banten tersebut akan berlangsung di Kota Tangerang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangsel, Hamka Handaru mengatakan, kejuaraan tersebut akan berlangsung sejak tanggal 8 hingga 15 Juni 2024.

“Atletnya total ada 371 ditambah 80 orang yang terdiri dari official dan pelatih, mereka akan mengikuti POPDA dan Paperpeda,” kata Hamka pada Senin, 3 Juni 2024.

371 atlet Tangsel ikuti ajang POPDA dan Paperpeda

Hamka mengungkapkan, ratusan atlet pelajar asal Tangsel tersebut akan mengikut 24 cabang perlombaan.

Dalam ajang tersebut, Kota Tangsel mematok target untuk kembali keluar sebagai juara umum.

“Kita sudah lima kali berturut-turut meraih juara umum, jadi kita targetnya tahun ini juara umum juga. Mempertahankan gelar,” ungkapnya.

Hamka menyebut, 371 atlet yang berangkat ke Kota Tangerang seluruhnya dipastikan mengenyam pendidikan di sekolah yang ada di Tangsel dengan umur yang bervariatif mulai dari SD hingga SMA.

Dalam ajang tersebut, lanjutnya, Tangsel memiliki beberapa cabang olahraga unggulan yang terbukti selalu berhasil dimenangkan.

“Unggulan kita masih di renang, panah, angkat berat terus juga bela diri. Sekarang semua daerah pasti mengincar Tangsel karena kita selalu jadi juara umum, pasti mereka ingin mengalahkan kita. Makanya kami harus kerja keras,” terangnya.

Hamka menururkan, ajang POPDA juga menjadi batu loncatan pada atlet sebelum nantinya mereka ikut terlibat dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan digelar di Kota Tangsel pada tahun 2026 mendatang.

“Ini adalah indikator untuk kita menjadi tuan rumah Porprov nanti. Semacam pemanasan. Karena atlet-atlet yang ikut di Popda adalah atlet yang kita bina untuk diproyeksikan di Porprov nanti,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter