TANGSELIFE.COM-Pertandingan final SEA Games 2023 antara timnas U-22 Indonesia dan Thailand dihelat malam ini, Selasa 16 Mei 2023. 

Laga final itu digelar di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa 16 Mei 2023 pukul 19.30 WIB.

Begitu pluit dibunyikan oleh wasit tanda pertandingan di mulai, para pemain kedua kesebelasan langsung melakukan serangan ke gawang lawannya. 

Jual beli serangan pun terjadi. Para pemain kedua kesebelasan berupaya menyerang gawang lawan dengan membangun serangan. 

Akhirnya peluang gol didapatkan oleh para punggawa Garuda Muda. Gol berhasil dilakukan striker Ramadhan Sananta pada menit ke 20.

Peluang timnas Thailand untuk menciptakan gol terjadi pada menit 45 jalannya pertandingan. Saat itu terjadi pelanggaran yang dilakukan Alfeandra Dewangga. 

Untungnya tendangan bebas itu tidak berhasil membobol gawang yang dijaga Ernando berhasil digagalkan.  

Pada menit ke 49, gol kedua tercipta juga dilakukan oleh Ramadhan Sananta. Saat itu, Sananta memanfaatkan tendangan kiper Ernando ke gawang lawan. 

Tendangan itu dimanfaatkan oleh Sananta dengan tendangan keras ke gawang timnas Thailand hingga berbuah gol. 

Saat itu, kiper Thailand Soponwit Rakyart tengah maju ke tengah dan tidak berada di depan gawang. Akibatnya bola yang ditendang Sananta langsung menjebol gawang Thailand. 

Sempat terjadi protes dari pelatih Thailand. Lantaran mengira posisi Sananta yang ada di daerah lawannya offside. 

Tapi setelah berdiskusi, wasit menyatakan kalau gol ke gawang Thailand itu sah. Dengan gol ini, posisi 2-0 untuk pemain Indonesia. 

Pertandingan babak kedua dimulai. Usai turun minum, pertandingan keras dan saling serang langsung dilakukan oleh kedua tim U-22.

Beberapa kali serangan agresif dilakukan pemain Thailand dengan membombardir lini pertahanan pemain Indonesia. 

Beberapa kali tendangan langsung dilakukan para pemain Thailand berhasil digagalkan oleh kiper Ernando Ari. 

Pada menit ke-55, peraih dua gol yakni striker timnas Indonesia Ramadhan Sananta harus diganti karena mendapatkan tekel keras di hulu hatinya. 

Pada menit ke-58 terjadi dua kali tendangan sudut yang dilakukan para pemain Gajah Perang tapi keduanya berhasil digagalkan. 

Bahkan, kiper Ernando Ari berani maju untuk menangkap bola. Akibatnya dia terjatuh karena disikut salah satu pemain Thailand. 

Tindakan pemain Thailand itu berbuah kartu kuning dari wasit yang berasal Oman tersebut. 

Akhirnya gol tercipta timnas Thailand pada menit ke-64. Gol sundulan Adnan Yodsangwal yang memanfaatkan tendangan sudut. Dengan gol ini, skor tercipta 2-1. 

Gol terjadi karena pemain belakang timnas Indonesia lengah dan tidak fokus memantau bola sehingga berhasil kebobolan satu gola. 

Untuk membalas gol, umpan silang dilakukan Bagas Kaffa pada menit ke-67. Tapi umpan kanan Bagas Kaffa untuk Witan Sulaeman.

Tapi para pemain belakang Thailand menghalau bola terlebih dahulu. Hingga kesempatan meraih gol berhasil digagalkan. 

Marselino Ferdinand membuang peluang gol pada menit ke-68. Usai mendapatkan umpan dari Witan, Marselino mendapatkan tendangan placing kaki kanan. 

Tapi tendangan itu sangat jauh berada di atas gawang yang dijaga kiper Thailand, Soponwit Rakyart dan gol tidak tercipta.

Pada menit ke-77 terjadi cooling break yang dilakukan wasit. Kesempatan itu dimanfaatkan kedua tim untuk menguatkan strategi untuk memenangkan pertandingan.

Tendangan bebas pada menit 79 yang dilakukan  pemain Thailand Apisit menjegal Irfan Jauhari dengan keras di depan kotak penalti.

Tapi peluang itu tidak menambah gol karena tendangan pemain Indonesia yang sangat keras berhasil dihalau oleh kiper Thailand. 

Pada menit ke-80 para pemain Thailand terus menekan gawang timnas Indonesia hingga berakhirnya pertandingan menit ke-90. 

Wasit mengumumkan tambahan waktu 7 menit. Pada menit ke 90+2, nyaris gawang Indonesia kebobolan akibat serangan balik. Tapi kiper  Ernando Ari berhasil menangkap bola. 

Jual beli serangan kembali terjadi pada sisa pertandingan. Para pemain Indonesia sempat berselebrasi tapi pertandingan belum usai. 

Pemain cadangan dan pelatih Indra Sjafri bahkan sudah masuk lapangan tapi itu tenyata hanya pluit tanda pelanggaran bukan akhir pertandingan. 

Pada pukul 90+7 kembali terjadi gol untuk Thailand. Posisi skor 2-2 pertandingan dihentikan untuk perpanjangan waktu. 

Gol penyeimbang itu diciptakan Yotsakon. Rioh Fahmi membuat blunder dengan gagal menghalau bola dan berhasil direbut Yotasakon.

Susunan Pemain Final SEA Games 2023:

Timnas U-22 Indonesia 

Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga, Haykal Hafiz; Fajar Fathur Rachman, Marselino Ferdinan, Muhammad Taufany, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta

Timnas U-22 Thailand 

Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom