TANGSELIFE.COM– Uang bukan segalanya. Tapi pengalaman yang akan menambah kemampuan yang kelak membawa ketenaran. Itu prinsip hidup pesepak bola Pratama Arhan.

Pratama Arhan merupakan seorang pemain sepak bola muda Indonesia yang berbakat.

Pemain kesayangan pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong dengan posisi bek kanan itu kini tengah membela tim sepakbola asal Jepang yaitu Tokyo Verdy.

Meski Tokyo Verdy kini tengah berkiprah di Liga 2 Sepakbola Jepang, Pratama Arhan tidak berkecil hati dan tetap semangat menimba pengalaman di Negeri Sakura tersebut.

Menurut informasi, gaji Pratama Arhan di Tokyo Verdy berkisar antara 4 hingga 5 juta yen atau setara dengan Rp 500 juta hingga Rp600 juta per tahun.

Gaji sebesar itu lebih kecil ketimbang saat membela PSIS Semarang yang mencapai sebesar Rp1,3 miliar per tahun.

Menanggapi hal itu, Pratama Arhan mengatakan, tujuan utamanya berkarier di Jepang bukanlah uang, melainkan pengalaman bermain di luar negeri untuk menambah skill dan mental bermain sepak bola.

Biodata Pratama Arhan

Karier sepak bola Pratama Arhan di tingkat nasional bermula pada 5 September 2020, saat bergabung dalam Timnas Indonesia U-19 di pertandingan persahabatan Indonesia vs Bulgaria.

Setelah itu, pada tahun 2021, Pratama Arhan mendapatkan panggilan untuk masuk ke timnas senior atau tepatnya pada bulan Mei 2021.

Sebelumnya, Pratama Arhan bergabung dengan PSIS Semarang pada tahun 2021. Debutnya dengan PSIS Semarang saat bermain di Piala Menpora 2021.

Debut pertama Pratama Arhan bermain di Liga 1 juga terjadi pada tahun 2021, saat  PSIS Semarang melawan Persela Lamongan.

Usai berakhirnya kontrak dengan PSIS Semarang, Pratama Arhan memutuskan untuk berkarier di luar negeri tepatnya Jepang.

Pratama Arhan mendapatkan tawaran dari salah satu klub Liga 2 Jepang yakni Tokyo Verdy dan langsung menerima tawaran tersebut.  

Hingga kini, Pratama Arhan yang lahir di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada 21 Desember 2001, masih berkarir di Tokyo Verdy.