TANGSELIFE.COM – Main Race MotoGP Mandalika 2023 dimenangi oleh Francesco Bagnai dari Ducati Lenovo Team. Bagnai menang usai Jorge Martin crash.

Bagnai berhasil jadi yang tercepat dalam balapan MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023).

Pebalap Ducati itu berhasil ungguli Martin yang sudah tampil baik sejak awal balapan. Martin sudah berhasil memipin di tikungan pertama.

Sementara Bagnai, baru bisa capai posisi ke-3 saat putaran ketiga. Drama pun terjadi di putaran ini.

Hasil MotoGP Mandalika 2023
Hasil MotoGP Mandalika 2023, Francesco Bagnai menangi balapan di Sirkuit Internasional Pertamina Grand Prix 2023, Minggu (15/10/2023)

Drama yang terjadi yakni saat Luca Marini ditabrak oleh Brad Binder hingga terjatuh. Binder kemudian diganjar long lap pelaty.

Nasib sial lainnya kemudian dialami Marc Marquez. Pebalap Respol Honda itu oleng di tikungan 13 kemudian gagal finish.

MotoGP Mandalika 2023 ini sepertinya belum berpihak pada Marquez. Karena sebelumnya Marquez juga jatuh di lap pertama saat Sprint Race.

Jorge Martin sempat ungguli 3 detik Maverick Vinales. Tetapi di putaran ke-13, Martin terjatuh. Pebalap Spanyol itu pun harus terima keadaan sial itu.

Kesialan Martin itu dimanfaatkan Bagnai. Bagnai berhasil mendahului Vinales di putaran ke-17 dan memimpin balapan.

Beruntung, Bagnai berhasil menjaga performa hingga menangi balapan. Bagnai menangi MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023.

Hasil kemenangan ini bikin Bagnai balik lagi pimpin puncak klasemen MotoGP ungguli Martin 18 poin, dengan total perolehan 346 poin.

Berikut ini Klasemen MotoGP:

  1. Fransecso Bagnai
  2. Vinales
  3. F Quartararo
  4. F Di Giannantonio
  5. M Bezzecchi
  6. B Binder
  7. J Miller
  8. E Bastianini
  9. A Rins
  10. A Espargaro