TANGSELIFE.COM-Dua klub sepakbola satu kota yakni Manchester United bakal bersua Manchester City dalam final Piala FA 2022-2023. 

Itu terjadi setelah hasil semifinal Piala FA, Man United mengkandaskan Brighton & Hove Albion lewat drama adu pinalti. 

Setan merah berhasil meraih kemenangan lewat drama adu penalti karena skor 0-0 terus terjaga saat waktu pertandingan 2×45 menit dan ditambah ekstra time. 

Dalam adu penalti tersebut, Man United menang tipis dengan skor 7-6. Laga Brighton & Hove Albion vs Manchester United digelar di Stadion Wembley, London, Senin (24/4/2023) dini hari WIB. 

Kemenangan ini membawa Man United lolos ke babak final Piala FA. Dalam laga final nanti, Manchester United bakal bersua klub rival satu kotanya, Manchester City.

Sebelumnya, Man City sukses menumbangkan Sheffield United dalam semifinal Piala FA satu hari sebelumnya dengan skor 3-0.

Duel semifinal Piala FA itu diwarnai penampilan gemilang kiper kedua kubu, David De Gea dan Robert Sanchez yang beberapa kali menyelamatkan gawang dari sepakan lawan.

Tapi saat babak adu pinalti kedua kiper malah kebobolan. Kiper Man United, David De Gea, tampil gemilang dengan setidaknya mementahkan tiga kans bagus Brighton selama waktu normal. 

Pertandingan Babak Pertama

Saat pluit laga pertama berbunyi, pemain kedua tim langsung menyerang. Akibatnya duel sengit tersaji dalam pertemuan Brighton dengan Man United. 

Pasukan Erik ten Hag sempat dikejutkan dengan sejumlah peluang emas yang didapat pemain Brighton lebih dahulu di awal laga.

Salah satunya tercipta lewat aksi Alexis Max Allister. Tapi tendangannya masih belum bisa membuat bola bersarang ke gawang Man United yang dikawal sang kiper andalan, David de Gea.

Para pemain Man United tak tinggal diam dan berupaya membangun serangan akurat ke arah gawang lawan. Peluang akhirnya didapat lewat aksi Bruno Fernandes. 

Tapi sayang, tendangan kerasnya masih melebar dari gawang musuh. Setelah itu jual-beli serangan terus tersaji dalam pertandingan tersebut. 

Para pemain Man United mencoba lagi peruntungannya di masa injury time lewat kerja sama Christian Eriksen dan Marcus Rashford. 

Namun, tendangan Rashford masih bisa dihalau Sanchez tapi gagal meraih gol. Kedua tim pun terus sama-sama mencoba meraih gol. 

Tai hingga peluit panjang tanda akhir babak pertama dibunyikan oleh wasit, kedua tim belum berhasil mendobrak gawang lawan. Skor 0-0 terjadi hingga turun minum.

Pertandingan Babak Kedua

Pada babak kedua, pertandingan berjalan lebih sengit lagi. Pasalnya, Man United dan Brighton sama-sama tak mau kehilangan tiket menuju babak final Piala FA. 

Target memenangi pertandingan membuat  De Gea harus bekerja keras menjaga gawang Man United karena dibombardir serangan tim lawan.

Bahkan pada menit ke-46 lewat aksi Enciso. Beruntung nyaris gawang Man United kebobolan. Tapi De Gea bisa dengan sigap menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. 

Terus diserang, para pemain Man United juga tak tinggal diam. Mereka pun berhasil tampil lebih dominan di pertengahan babak kedua.

Peluang mendapatkan gol diraih Marcus Rashford. Dia melepaskan tembakan keras ke gawang Brighton tapi upaya itu gagal karena bola dapat diselamatkan penjaga gawang Brighton. 

Usai saling serang selama 45 menit pada babak kedua, skor 0-0 pun terus terjaga hingga akhir laga. Kondisi ini membuat terjadinya perpanjangan waktu. 

Babak Perpanjangan Waktu

Dengan skor 0-0, maka  pertandingan Man United cs Brighton  dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Pada babak ini, tempo permainan tampak lebih melambat ketimbang di waktu normal.

Man United nyaris saja membuka keunggulan jika tendangan Marcus Rashford ke gawang tak berhasil dihalau kiper Brighton. 

Meski kedua tim sama-sama berjuang mencetak gol pada babak tambahan waktu itu, tapi skor 0-0 tetap tak berubah. 

Karena tidak membuahkan gol, maka laga semifinal Piala FA 2022/2023 itu dilanjutkan ke babak adu penalti untuk mencari pememenang.

Babak Adu Penalti

Pada babak adu penalti, permainan semakin tegang. Pemain Brighton yang mendapat kesempatan penalti terlebih dahulu dan menuntaskan pekerjaannya dengan baik. 

Alexis Mac Allister yang membawa Brighton unggul 1-0. Kemudian, pemain Man United pun berhasil membalasnya lewat aksi Casemiro yang jadi penendang pertama Man United. Skor 1-1 pun terjadi. 

Selanjutnya, Brighton melanjutkan gol lewat aksi 5 penendang berikutnya yakni Pascal Grob, Undav, Estupinan, Dunk, dan Webster. 

Begitu juga para pemain Man United dengan mulus membalasnya lewat tendangan yang dilakukan empat pemainnya, yakni Diogo Dalot, Jadon Sancho, Rashford, Sabitzer, dan Weghorst.

Tapi mimpi buruk dialami Brighton. Saat penendang ketujuh, March gagal menyarangkan bola ke gawang Man United.

Pasalnya, tendangan March melambung di atas gawang. Sedangkan pemain Man United, Victor Lindelof  sukses menyarangkan bola ke gawang Brighton.

Karena aksi Victor Lindelof itu, membuat Manc United menyegel tiket ke final Piala FA dan akan bertemu rivalnya, Manc City. 

Susunan Pemain 

Brighton & Hove Albion

1-Sanchez; 13-Gross, 4-Webster, 5-Dunk, 30 Estupinan; 25-Caicedo, 10-Mac Allister; 7-March, 20-Enciso (34-Veltman 67’), 22-Mitoma; 18-Welbeck (21-Undav 75’). 

Pelatih: Roberto De Zerbi. 

Manchester United 

1-De Gea; 29-Wan-Bissaka (12-Malacia 101’), 23-Shaw, 2-Lindeloef, 20-Dalot; 18-Casemiro, 14-Eriksen (17-Fred 62’); 10-Rashford, 8-Bruno Fernandes (27-Weghorst 101’), 21-Antony (15-Sabitzer 90’); 9-Martial (25-Sancho 85’). 

Pelatih: Erik ten Hag.