TANGSELIFE.COM – Jeka Saragih mencatat sejarah baru bagi Indonesia, dia menjadi petarung pertama dari Indonesia yang sukses menang dalam ajang UFC.

Kemenangan Jeka Seragih memulai debutnya di UFC, tampil dalam fighter preliminary card dalam UFC 232 di UFC Apex, Las Vegas, Minggu, 19 November 2023.

Jeka suskes menumbangkan Lucas Alexander dalam waktu 1 menit 30 detik, Alexander terkapar dan tak bisa memberi perlawanan lagi di octagon UFC.

Wasit pun menghentikan duel itu, dan Jeka menang dengan catatan 1 menit 31 detik di ronde pertama.

Kemenangannya itu tentu membuat bangga masyarakat Indonesia, putra Simalungun, Sumatera Utara ini pun kini jadi petarung yang diperhitungkan di dunia.

Jeka pun langsung lakukan selebrasi, dengan memanjat dinding oktagon dan menari gembira atas kemenangannya itu.

Dari kemenangan itu pun, UFC merasa layak untuk memberikan Jeka salah satu penghargaan “Performance of the Night”.

Dengan kemenangan itu, Jeka pun mendapatkan itu dikatakan juga dikonfirmasi oleh salah satu pelatih Jeka, Graham Boylan di unggahan Instagram-nya.

Bahkan kemenangannya itu membuat terkejut para penononton UFC Apex, karena Jeka disebut bukan petarung unggulan dalam ajang itu.

Usai menang dalam pertarungan itu, Dustin Poirier, yang juga petarung hebat kelas ringan UFC, mengapresiasi performanya.

Profil Jeka Saragih

Jeka Saragih
Petarung Indonesia yang menang dalam ajang UFC.

Petarung asuhan Batam Fighter Club (BFC) asal Dusun Bah Pasussang, Sumatera Utara ini menjadi sorotan setelah menjuarai kelas ringan MMA One Pride kelas 70 kg.

Sejak masih SMA, Jeka Saragih menekuni wushu hingga ia mengikuti pertandingan di Filipina pada 2013 meski dirinya belum sukses meraih juara.

Hingga akhirnya, Jeka pun ditawari untuk ikut kejuaraan One Pride TVOne, setelah lewati seleksi akhirnya masuk dalam Grade A 70 kg.

Hingga pada 2017, Jeka menjadi juara MMA One Pride Kelas 70 Kg, setelah sukses mengalahkan Ngapdi Mulidy, petahana asal Semarang dengan TKO di ronde pertama.

PENDIDIKAN

SMKN 1 Raya

KARIER

Atlet

Pekerja

Wushu

Fighter

PRESTASI

Juara 1 Kerjurnas Wushu Yogyakarta 2013

Juara 1 MMA One Pride TVOne Kelas 70 Kg 2017

Sopiyan
Editor