TANGSELIFE.COM– Final Liga Champions 2023 bakal mempertemukan dua klub raksasa Eropa yakni Manchester City dan Inter Milan.

Laga perebutan supremasi tertinggi antarklub Eropa itu berlangsung di Stadion Ataturk Olimpiyat, Istanbul,  Minggu 11 Juni 2023 pukul 02:00 WIB.

Kedua tim yakni Manchester City maupun Inter Milan sama-sama memburu gelar ketiga yang akan mereka rebut pada akhir musim tersebut.

Liga Champions

Untuk diketahui, Manchester City baru saja memenangkan Piala FA untuk melengkapi juara Liga Inggris dan Inter Milan juga memburu status treble winners.

Inter Milan yang berjuluk I Nerazzurri gagal menjuarai Serie A Italia. Tapi, tim ini sudah meraih piala Coppa Italia dan Piala Super Italia.

Berikut Fakta-Fakta Menarik Final Liga Champions

Pertemuan Kelima Klub Sepakbola Inggris dan Italia

Pertandingan Manchester City vs Inter Milan jadi pertarungan kelima klub sepakbola Inggris kontra Italia pada partai puncak Liga Champions.

Wakil Inggris pada empat kesempatan sebelumnya yang seluruhnya diwakili Liverpool. The Reds-sebutan Liverpool, melawan AS Roma, Juventus, dan AC Milan yang dua kali masuk Final Liga Champions.

Saat perebutan gelar Liga Champions itu, Liverpool memetik dua kali kemenangan atas AS Roma dan AC Milan.

Pertandingan kali ini, jika melihat lokasinya, mengingatkan pada pertandingan final Liga Champions tahun 2005 silam. Final juga mempertemukan wakil klub Inggris melawan wakil klub Italia yakni Liverpool melawan AC Milan.

Final Liga Champions tahun 2005 itu disebut sebagai final terbaik sepanjang perhelatan kejuaraan antarklub Eropa tersebut.

Liverpool saat itu keluar sebagai juara lewat adu penalti. Meski sebelumnya pada babak pertama AC Milan sempat unggul 3-0.

Tapi pada babak kedua secara mengejutkan Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 sebelum akhirnya keluar sebagai juara lewat adu finalti.

Pertemuan Pertama Manchester City dan Inter Milan dalam Kompetisi Resmi

Untuk diketahui, Manchester City dan Inter Milan belum pernah bertemu dalam kompetisi resmi. Kedua klub itu hanya baru dua kali bertemu dalam pertandingan persahabatan tahun 2010 dan 2011 lalu.

Dalam pertandingan itu, Inter Milan berhasil menang duluan dengan 3-0. Lalu setahun kemudian dalam laga persahabatan, giliran Manchester City menang 3-0.

Pada final Liga Champions kali ini, Manchester City lebih diunggulkan dari Inter Milan jika dilihat dari komposisi pemain.

Pep Guardiola Bakal Mengukir Sejarah

Dalam final Liga Champions ini, pelatih Manchester United Pep Guardiola mengejar sejarah yang selama ini hanya bisa dilakukan oleh Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti.

Pep Guardiola punya dua misi penting dalam laga puncak Liga Champions ini. Pertama, Guardiola tentu saja punya misi membawa Manchester City menjadi juara.

Kalau mampu membawa The Citizens menang, maka Guardiola akan meraih gelar Liga Champions pertamanya bersama Manchester City.

Kedua, mantan pelatih Barcelona itu sedang mengejar sejarah yang selama ini hanya bisa dilakukan oleh Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti.

Mourinho dan Ancelotti adalah 2 pelatih di abad ke-21 yang mampu jadi juara Liga Champions dengan 2 klub berbeda.

Fans Manchester United Dukung Inter Milan

Jelang laga final Liga Champions banyak beredar kalau pendukung Manchester United (MU) bakal mendukung Inter Milan tapi Pep Guardiola mengaku tidak peduli.

“Saya tidak tahu soal itu,” kata Guardiola seperti dikutip dari Manchester Evening News. “Saya tidak tahu apakah Manchester United ingin kami memenangkan Liga Champions,” katanya juga.

“Saya tidak dapat apa yang semua orang di Inggris inginkan. Tentu saja kami mewakili negara ini dan kami ingin melakukannya dengan terbaik,” cetus Guardila juga.

Perjalanan Manchester City dan Inter Milan menuju babak final Liga Champions terbilang menarik. Keduanya berhasil lolos ke partai puncak setelah mengalahkan lawannya masing-masing di babak semifinal.

The Citizens mengalahkan Real Madrid dengan agregat 5-1, sedangkan Inter Milan berhasil menekuk AC Milan dengan agregat 3-0.

Jadwal Pertandingan dan Link Streaming Liga Champions

Final Liga Champions itu bakal ditayangkan live oleh stasiun televisi SCTV dan pertandingan juga bisa disaksikan secara langsung melalui streaming Vidio.

  • Laga : Manchester City vs Inter Milan
  • Waktu : Minggu, 11 Juni 2023
  • Jam :  02.00 WIB
  • Lokasi : Ataturk Stadium
  • Live : SCTV 
  • Link live streaming Vidio : https://www.vidio.com/@championsleague