TANGSELIFE.COM- Timnas junior Inggris berhasil merebut juara Euro U21 2023 setelah 39 tahun dengan skor 1-0.

Timnas junior Inggris meraih tropi usai mengalahkan Spanyol dalam partai final yang digelar di Stadion Batumi Arena, Georgia, Sabtu, 8 Juli 2023.

Inggris menjadi juara Euro U21 setelah kiper James Trafford jadi pahlawan karena menggagalkan penalti pada menit akhir pertandingan.

Kiper yang merumput bersama Manchester City itu menggagalkan tendangan penalti Abel Ruiz, yang dihadiahkan untuk Spanyol.

Pelanggaran pada pertandingan Euro U21 itu terjadi setelah tinjauan VAR pada menit ke 6 waktu tambahan hingga berbuah pinalti.

Gol satu-satunya Timnas Inggris U-21 itu berkat tendangan pemain Liverpool Curtis Jones pada akhir babak pertama.

Dia menjebol gawang Spanyol pada pertandingan final Euro U21 itu setelah berhasil membelokkan tendangan bebas Cole Palmer melewati kiper Arnau Tenas.

Gelar ketiga serta yang pertama sejak 1984 itu berhasil direbut Inggris pada pertandingan pada malam hari yang dramatis di Georgia.

Pertandingan final Euro U21 itu diwarnai pemberian sejumlah kartu merah. Asisten pelatih Inggris Ashley Cole dan staf pelatih Spanyol kena kartu merah.

Begitu juga gelandang pengganti Morgan Gibbs-White dari Timnas Inggris U-21 dan pemain Spanyol Antonio Blanco juga kena kartu merah.

Keduanya dikeluarkan oleh wasit saat pertandingan final Euro U21, hingga kedua tim junior itu bermain dengan komposisi 10 orang.

Para pemain Timnas U-21 Inggris sejak awal pertandingan digelar langsung melakukan bombardir serangan ke gawang lawannya.

Berkali-kali peluang mencetak gol dalam final Euro U21 itu terjadi tapi tidak berhasil dimanfaatkan para pemain untuk meraih gol.

Meski begitu, Timnas U21 Spanyol melakukan perlawanan dan sejumlah peluang berhasil dilakukan.

Seperti yang dilakukan penyerang Manchester City Sergio Gomez dan striker Braga Ruiz pada final Euro U21 tersebut.

Keduanya beberapa kali membuahkan peluang ke gawang lawan dan membuat para pemain Inggris terpaksa bertahan.

Tapi akhirnya, Inggris unggul dalam final Euro U21 itu berkat aksi Curtis Jones di pengujung babak pertama dengan memanfaatka tendangan bebas.

Keunggulan Inggris ini bertahan hingga babak pertama usai. Saat babak kedua dimulai, pertandingan berlangsung seru.

Pada babak kedua final Piala Eropa U21 itu, Timnas U21 Spanyol berusaha membalas gol untuk menyamai kedudukan.

Akibatnya, beberapa peluang mencetak gol didapatkan kedua tim. Akhirnya, peluang  gol nyaris terjadi saat babak tambahan waktu pada menit keenam. 

Pemain Spanyol dijegal di kotak finalti. Meski begitu, finalti tidak berbuah gol dan tetap skor 1-0 untuk Timnas Inggris.

Berdasarkan statistik, Inggris melancarkan 7 tembakan tepat ke gawang, sementara Spanyol empat kali melakukan tembakan ke gawang Inggris.

Sebenarnya, Spanyol lebih dominan dalam penguasaan bola dengan 64 persen tapi gagal melakukan gol.

Hingga peluit akhir dibunyikan wasit, tim asuhan Santiago Denia Sanchez gagal mencetak gol balasan.

Kemenangan Timnas U21 ini, membawa Inggris menyabet gelar ketiga setelah Piala Eropa U21 edisi 1982 dan edisi 1984.

Sedangka bagi Spanyol, kekalahan ini membuat mereka gagal menambah koleksi trofi menjadi enam.

Sebelumnya, Timnas Spanyil U21 sukses memenangkan Piala Eropa U21 sebanyak lima kali yakni pada edisi 1986, 1998, 2011, 2013, dan 2019.

Susunan Pemain Junior Inggris pada Euro U21 2023

Kiper

James Trafford (Manchester City), Josh Griffiths (West Bromwich Albion) dan Carl Rushworth (Brighton and Hove Albion).

Pemain Bertahan

Max Aarons (Norwich City), Levi Colwill (Chelsea), Charlie Cresswell (Leeds United), Jarrad Branthwaite (Everton), Taylor Harwood-Bellis (Manchester City), Ben Johnson (West Ham United), Luke Thomas (Leicester City)

Pemain Tengah

Tommy Doyle (Manchester City), Harvey Elliott, Angel Gomes (Lille), Jacob Ramsey (Aston Villa), Oliver Skipp (Tottenham Hotspur), Curtis Jones (Liverpool), James Garner (Everton),.

Pemain Depan

Cameron Archer (Aston Villa), Morgan Gibbs-White (Nottingham Forest), Anthony Gordon (Newcastle United), Noni Madueke (Chelsea), Cole Palmer (Manchester City), Emile Smith Rowe (Arsenal)