TANGSELIFE.COM– Saddil Ramdani membuat geger dengan tindakannya menyindir pelatih Shin Tae-yong di Instagram pribadinya.

Karena tindakannya itu, pemain Timnas Indonesia itu bisa saja di-blacklist oleh juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Saddil Ramdani menambah panjang daftar pemain yang telah di-black list oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong karena tindakan indisiplinernya.

Saddil Ramdani
Saddil Ramdani saat sesi latihan bersama Timnas Indonesia. Foto: Instagram @saddilramdanii

Untuk diketahui, Saddil masih jadi perbincangan hangat usai dirinya melontarkan sindiran terhadap pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Bermula ketika netizen Indonesia membandingkan penampilan Saddil yang tampil apik di Sabah FC tapi tidak di Timnas Indonesia.

Menanggapi kritikan itu, winger berusia 24 tahun itu langsung membela dirinya di unggahan Instagram Stories pribadinya.

“Jadi gini kenapa sih kalian bandingin gue di timnas dan klub beda? Ya bedalah, emang gue sebagai pemain butuh yang namanya jam terbang dan kebebasan untuk bermain,” ujarnya.

“Apakah di timnas kami diberikan itu? Tidakkkk sama sekali!!!,Kalian hanya melihat dari sudut yang tidak masuk akal,” tulis Saddil juga di medsos pribadinya. 

“Main hanya 15 menit 20 menit bahkan 7 menit terus dibilang gak bisa main di timnas, melempem, asal-asalan mainnya gocek mulu lah,” cetusnya juga.

Bahkan Saddil Ramdani secara tak langsung juga membanding-bandingkan pelatihnya di Sabah FC yakni Ong Kim Swee dengan Shin Tae-yong.

Untuk diketahui, terakhir Saddil Ramdani hanya bermain sebagai pemain pengganti di laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Palestina pada 14 Juni 2023 lalu.

Sementara di Sabah FC Saddil hampir selalu dipercaya penuh bermain sejak menit awal pertandingan.

Hasilnya, dia sudah mengemas 5 gol dan 4 asisst dari 10 laga dalam Liga Malaysia tersebut.

Bahkan Saddil Ramdani juga membalas komentar-komentar netizen di unggahan Instagram pribadinya yang menghujatnya.

Salah satunya, Saddil membalas komentar netizen dengan menggunakan kata “pendatang” yang diduga menyindir para pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

“Seharusnya kalian support dan dukung bagaimanapun mereka membela kebanggaan kita semua. Yang kalian dukung hanya pendatang dan dielu-elukan,” cetus Sadil juga.

Setelah menyebut pemain keturunan Timnas Indonesia sebagai “pendatang”, pernyataan pemain sayap milik Sabah FC ini langsung menjadi sorotan.

Karena ocehannya di media sosial, Saddil Ramdani bisa saja mendapatkan hukuman dari Shin Tae-yong bahkan tak menutup kemungkinan bisa saja di-blacklist.

Berikut Sosok Saddil Ramdani yang Kini Merumput di Sabah FC

Terlepas dari kontroversi yang muncul, sosok Saddil cukup menarik diperbincangkan lebih jauh. Khususnya jejak kariernya.

Saddil Ramdani mengawali karier sebagai pemain jebolan Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) sejak masuk pada 2012 silam.

Kariernya melesat, debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2016 usai PSSI terlepas dari hukuman FIFA.

Saddil sempat mencetak hattrick saat melawan Laos, namun performa timnas saat itu masih gagal membawa Garuda Asia lolos dari babak grup.

Setahun berselang, Saddil dipanggil Luis Milla untuk memperkuat Timnas Indonesia U-22. Dari situlah kariernya semakin menanjak.

Begitu juga di level klub, pada 2019 lalu, Saddil hijrah ke Malaysia memperkuat Pahang FA turun dalam 21 laga dan mencatat 2 gol.

Ia sempat pulang ke Indonesia bermain untuk Bhayangkara FC tapi pandemi Covid-19 membuat kariernya mandek dengan hanya menorehkan 3 laga.

Setelah dari itu, Saddil bergabung dengan Sabah FA dan di musim pertamanya ia berhasil mencatat 19 laga dengan menorehkan 3 gol.

Satu musim berikutnya Saddil berhasil mencetak 5 gol. Memasuki musim 2023-2024, Saddil masih dipercaya mengisi skuad utama Sabah FA.

Saddil juga termasuk pemain dengan nilai transfer termahal di Liga Malaysia, menurut catatan Transfermarkt dengan harga mencapai Rp5,21 miliar.

Transfer Saddil menjadi yang paling tertinggi sepanjang karier sepak bola profesional yang dia lakoni selama ini.

Harga transfer Saddil hanya kalah dari satu pemain Sabah FA asal Spanyol, Miguel Cifuentes dengan harga Rp6,52 miliar.

Profil dan Biodata Saddil Ramdani dalam Dunia Sepakbola

Nama lengkap: Saddil Ramdani

Tanggal Lahir: 2 Desember 1999

Tempat Lahir: Raha, Indonesia

Tinggi: 172 centimeter (cm)

Posisi Bermain: Winger

Karier Junior:

  • Persela ASIFA

Karier Senior:

  • Persela Lamongan (2016–2018)
  • Pahang FA (2019-2020)
  • Bhayangkara (2020–2021)
  • Sabah FC (2021-sampai sekarang)