TANGSELIFE.COM – Di pengujung Olimpiade Paris 2024, Indonesia berhasil meraih medali pertama di ajang internasional tersebut.

Medali pertama Olimpiade Paris 2024 dikantongi Indonesia dari cabang olahraga badminton sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung.

Gregoria Mariska berhasil meraih medali perunggu usai wakil Spanyol Carolina Marin secara resmi memutuskan untuk mengundurkan diri atau retired.

Carolina Marin mengundurkan diri akibat cedera lutut kanan saat bertanding melawan wakil Cina He Bing Jiao pada gim kedua babak semifinal di Porte de La Chapelle Arena, Minggu 4 Agustus 2024.

Pengunduran diri Carolina Marin menjadi sebuah peristiwa tragis lantaran ia tengah memimpin pertandingan saat melawan He Bing Jiao.

Marin berhasil unggul pada gim pertama dengan skor 21-14, kemudian kembali memimpin gim kedua dengan skor 10-6 sampai akhirnya menyerah.

Mundurnya Marin secara otomatis membuat He Bing Jiao tembus babak final tunggal putri badminton Olimpiade Paris 2024.

He Bing Jiao akan menghadapi wakil Korea Selatan, An Seyoung, yang mengalahkan tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, pada pertandingan perdana semifinal hari ini.

An Se Young berhasil mengalahkan Gregoria Mariska Tunjung secara dramatis melalui rubber game dengan skor 11-21, 21-13, dan 21-16.

Indonesia Raih Medali Olimpiade Paris 2024 Pertama

Mundurnya Marin sekaligus membuat Gregoria Mariska secara otomatis menjadi peraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024 dari nomor tunggal putri.

Sebab, Gregoria Mariska tidak perlu berhadapan dengan Marin di babak perebutan juara ketiga yang akan dihelat Senin 5 Agustus 2024 besok.

Kendati demikian, Gregoria turut prihatin dengan kondisi cedera yang dialami Marin.

Atlet badminton 24 tahun itu mengaku bahwa ia ingin meraih medali perunggu tidak dengan cara seperti ini.

“Pertama saya sikut sedih untuk Marin. Tidak mudah bertanding dalam kondisi cedera, semoga dia bisa berlanjut main lagi.”

“Saya tidak menyangka sih, saya bersyukur tapi ini bukan cara yang saya inginkan. Bing Jiao dan Marin semuanya layak dan saya berharap Marin segera pulih,” tuturnya.

Raihan medali perunggu dari Gregoria sekaligus menjadi medali pertama bagi Indonesia dari ajang Olimpiade Paris 2024 ini.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter