Tangselife.com – Persatuan Sambo Indonesia (Persami) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sukses menjadi tuan rumah gelaran Kejuaraan Daerah (Kejurda) Provinsi Banten 2022.

Kejurda tersebut perdana di Banten dan Persambi Tangsel menjadi pionir dalam helatan tersebut. Menariknya, perlombaan tersebut dikemas dengan konsep baru yakni memadukan antara sport dan entertainment menjadi sportainment.

Gelaran Kejurda Sambo Banten 2022 itu berlangsung selama dua hari 12-13 Agustus 2022 di GOR Global Islamic School 2 Serpong.

Ketua Persambi Tangsel Heris Cahya Kesuma mengatakan, pihaknya sengaja mengonsep Kejurda dengan sportainment itu untuk menarik minta masyarakat menyaksikan perlombaan.

“Kita mengkonsep menyelenggarakan olahraga dipadukan dengan entertain untuk mengenalkan olahraga sambo yang masih baru, beda dengan olahraga lain seperti bola. Sambo ini biar dikenal dengan cara menyajikan hiburan sehingga orang tertarik untuk menyaksikan,” kata Heris, Sabtu (13/8/2022).

Heris menerangkan, Kejurda Sambo perdana itu diikuti oleh masing-masing perwakilan atlet Sambo di kota kabupaten di Banten. Totalnya, mencapai 50 atlet yang berpartisipasi.

Dalam perlombaanya dibagi menjadi kategori sport dan combat. Masing-masing kategori itu kemudian dibagi lagi sesuai kelas dari berat badan mulai dari paling rendah 53 kilogram dan paling berat 98+ kilogram.

“Per wilayah rata-rata mengirimkan 5 atlet, total semua ada 50 atlet yang turut serta,” papar Heris.

34EB266F 0A41 404B 9BF4 C842496097A9 scaled

Diketahui, Sambo merupakan olah raga bela diri modern tanpa senjata yang berkembang di Uni Soviet. Di Indonesia, olah raga tersebut masih belum banyak dikenal secara luas dan belum banyak atletnya.

Tetapi hal itu, justru menjadi peluang bagus untuk para atlet bela diri yang ingin mendulang prestasi.

“Semoga dengan gelaran berkonsep sportainment ini dapat membuka peluang. Barangkali ada atlet beladiri yang bagus bisa jadi pilihan buat berprestasi di bidang olah raga,” ungkap Heris.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu diisi kegiatan pelatihan wasitwasit Sambo, latihan bersama dengan legenda Judo Indonesia, dan Kejurda Provinsi Banten.

Sementara panggung entertainment diisi dengan hiburan sejumlah penampilan dari Zara Leola, Shakira Jasmine dan Tangsel SKA Orchestra grup band bentukan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan.

AB5D859F 8067 4FAA 9C09 71992923A638 scaled

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan turut mengapresiasi gelaran Kejurda Sambo tingkat Provinsi Banten yang perdana dilaksanakan di Tangsel.

“Kami senang sekali, Insya Allah Persambi ini akan jadi salah satu cabor yang akan diandalkan di KONI kita. Saya harap kepengurusan baru di Persambi semakin aktif lagi dan prestasi-prestasinya,” ungkap Pilar. (vyh/asn)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu