TANGSELIFE.COM – Segala persiapan disusun secara matang mejelang gelaran MotoGP Mandalika yang diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2023 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sedikit demi sedikit, segala persiapan dilakukan pihak penyelenggara, MGPA dan Dyandra&Co, dalam menyambut event balap motor kelas dunia tersebut.

Terkini, seluruh logistik MotoGP Mandalika 2023 dikirim secara bertahap sejak Selasa, 3 Oktober hingga Rabu 4 Oktober 2023 menggunakan empat penerbangan dari Bandara Narita, Jepang.

Total kargo logistik MotoGP Mandalika 2023 yang tiba di Bandara Lombok berjumlah 377,175 ton dengan rincian sebagai berikut:

– Pada Selasa, 3 Oktober 2023, kedatangan pesawat Nippon Cargo Airlines B747-8F yang tiba pukul 18.15 WITA dengan kargo seberat 111,171 ton.

– Pada Rabu, 4 Oktober 2023, pesawat Atlas Air B747-4F tiba pukul 00.32 WITA dengan kargo seberat 93,190 ton, disusul Nippon Cargo Airlines B747-8F pukul 18.24 WITA dengan kargo 93,548 ton, dan Atlas Air B747-4F tiba pukul 23.23 WITA dengan kargo 79,266 ton.

General Manager Angakas Pura I Bandara Internasional Lombok, Rahmat Adil Indrawan, menegaskan seluruh proses unloading kargo di Bandara Lombok berjalan dengan lancar.

Sebelumnya pada Sabtu, 23 Oktober 2023, sebagian logistik dari Dorna Sports Barcelona, Spanyol, untuk ajang MotoGP Mandalika mulai berdatangan.

Logistik seberat 0.095 kilogram tersebut tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Badung, Bali yang kemudian diangkut menggunakan tiga truk kontainer menuju sirkuit Mandalika.

Pengiriman logistik pertama untuk kebutuhan MotoGP Mandalika itu tiba di Bandara pukul 08.30 WITA.

Perbaikan Sirkuit Jelang MotoGP Mandalika 2023

Screenshot 2023 10 05 194357
Sirkuit Mandalika diperbaiki jelang event balap motor dunia MotoGP Mandalika 2023

Selain itu, perbaikan sirkuit juga dilakukan oleh pihak penyelenggara jelang balapan berlangsung.

Telah dilakukan pengecatan ulang bagian kerb (pinggiran lintasan) dan pemasangan sensor plus timis system pada Sirkuit Mandalika.

Bagian aspal di Sirkuit Mandalika juga dilakukan perbaikan pada beberapa titik di lintasan, yakni antara tikungan 5 dan 6, serta 16 dan 17.

Proses pengaspalan ulang telah mendapat homologasi Grade A dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), yang berarti Sirkuit Mandalika layak menggelar ajang balapan kelas dunia MotoGP.

Sekadar informasi, saat ini Sirkuit Mandalika menggunakan Asphalt Concrete Wearing Course (ACWC) Modified

Berbeda dengan jenis aspal tahun lalu yang menggunakan Stone Mastic Asphalt.

Penggantian jenis aspal ini dinilai cocok karena menyesuaikan dengan cuaca panas yang kerap menerpa kawasan Mandalika.

Beberapa Hal yang Baru di MotoGP Mandalika 2023

Selain persiapan sirkuir, ada beberapa hal baru yang diberikan promotor dalam ajang GP Mandalika 2023.

Satu yang menarik perhatian adalah Tribun Khusus bagi Fans ‘Baby Alien’ Marc Marquez.

Nantinya para fans Marc Marquez bisa menempati ‘Grandstand J’ dengan paket eksklusif yang berisikan bendera dan topi official bertuliskan 03, akses langsung ke rest area bar, tempat penjualan merchandise, serta hiburan khusus.

Area tribun ‘Grandstan J’ di Sirkuit Mandalika merupakan tempat menonton balapan MotoGP paling strategis.

Pasalnya, area tersebut berada di tikungan pamungkas, yakni tikungan ke-17 atau tikungan sebelum garis finis di Sirkuit Mandalika.

Keuntungan lainnya adalah potongan harga tiket sebesar 10% bagi para penggemar yang terdaftar di ‘We Are 93’.

Dari segi tiket, penjualan tiket sudah dimulai sejak 2 September 2023, dan menurut data per akhir September sudah lebih dari 11 ribu tiket MotoGP Mandalika yang terjual, atau sekitar 15% dari kuota tiket yang disediakan promotor.

Harga tiket MotoGP Mandalika sendiri bervariasi, mulai dari Rp200.000 hingga Rp20 juta, dengan kategori mulai dari General Admission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Premiere Class, dan Deluxe Class.

Akomodasi Pesawat hingga Hotel juga Dipersiapkan dengan Matang

Kesiapan dalam menyambut gelaran MotoGP Mandalika tak hanya bersolek pada tiket dan sirkuit.

Penerbangan menuju Bandara Internasional Lombok akan ditambah guna mengakomodir kunjungan wisatawan yang ingin datang menyaksikan langsung MotoGP Mandalika 2023.

Total ada penambahan 18 penerbangan menuju Lombok yang telah diajukan ke pihak Angkasa Pura I, dengan rincian 14 penerbangan dari maskapai Garuda, dan 4 penerbangan maskapai Citilink.

Penambahan penerbangan di Bandara Internasional Lombok didominasi rute Jakarta-Lombok, Surabaya-Lombok, dan Denpasar-Lombok.

Satgas MotoGP Mandalika 2023 yang dibentuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah, NTB, juga melakukan pengawasan hotel dan transportasi untuk memastikan tidak ada komplain yang terjadi selama MotoGP berlangsung.

Pemkab Lombok Tengah, NTB, juga membuka posko pengaduan di berbagai lokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Posko pengaduan tersebut ditujukan bagi para penonton yang mendapatkan masalah terkait akomodasi dan transportasi.

Di samping itu, satgas pengaduan akomodasi dan transportasi ini dibentuk agar hotel dan transportasi siap melayani tamu selama MotoGP berlangsung.

Asisten II Setda Lombok Tengah, H Lendek Jayadi, memastikan bahwa harga kamar hotel tidak akan melebihi yang ditetapkan Peraturan Gubernur (Pergub).

“Harga kamar hotel tidak boleh melebihi ketentuan yang telah diatur melalui Peraturan Gubernur,” katanya.

Tarif hotel sesuai Pergub di ring satu yakni di kawasan Mandalika dapat menaikkan harga tiga kali lipat.

Sementara di ring dua sekitar Praya dua kali lipat, dan ring tiga di luar Lombok Tengah bisa menaikkan tarif satu kali lipat.

Posko pengaduan ditujukan bagi para penonton yang mendapatkan masalah terkait akomodasi dan transportasi.

Disamping itu, satgas pengaduan akomodasi dan transportasi ini dibentuk agar hotel dan transportasi siap melayani tamu selama MotoGP berlangsung.

Asisten II Setda Lombok Tengah, H Lendek Jayadi, memastikan bahwa harga kamar hotel tidak akan melebihi yang ditetapkan Peraturan Gubernur (Pergub).

“Harga kamar hotel tidak boleh melebihi ketentuan yang telah diatur melalui Peraturan Gubernur,” kata Jayadi.

Tarif hotel sesuai Pergub di ring satu yakni di kawasan Mandalika dapat menaikkan harga tiga kali lipat.

Sementara di ring dua sekitar Praya dua kali lipat, dan ring tiga di luar Lombok Tengah bisa menaikkan tarif satu kali lipat.

“Kenaikan harga sewa akomodasi penginapan juga telah ada aturan,” ungkapnya.

Jika ada pihak hotel atau jasa transportasi ditemukan melanggar, maka akan diberikan sanksi dan ditindaklanjuti sesuai undang-undang konsumen.

“Tapi mitigasi akan terus kita lakukan dan mudah-mudahan tidak ada yang tersangkut dengan persoalan saat ajang MotoGP Mandalika ini,” kata Jayadi.

Harga Tiket MotoGP Mandalika 2023 Terbaru

Jelang MotoGP Mandalika 2023 yang digelar pada 13-15 Oktober, seluruh logistik MotoGP telah tiba di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Festival/General Admission

– Hari Kedua Rp250 ribu
– Hari Ketiga Rp500 ribu
– Tiket Terusan Rp700 ribu

Regular Grandstand

– Hari Kedua Rp650 ribu
– Hari Kedua Rp1 juta
– Tiket Terusan Rp1,5 juta

Premium Grandstand

– Hari Kedua Rp1 juta
– Hari Ketiga Rp 1,5 juta
– Tiket Terusan Rp2,3 juta

VIP

– Premiere Class Rp15 juta
– Deluxe Class Rp20 juta

Pembelian tiket dapat diakses melalui situs resmi MGPA di https://www.themandalikagp.com atau platform pembeliaan tiket lain seperti MyPertamina, LivinbyMandiri, Tiketapasaja.com, Tiket.com, Mytours, Bookmyshow, dan Platinum Group.