TANGSELIFE.COM– Ajang Tangsel Marathon 2023 bakal digelar lagi oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan ( Pemkot Tangsel).

Kegiatan tahunan untuk menyambut ulang tahun Kota Tangerang Selatan yang ke-15 itu, tahun ini bakal dilaksanakan pada 10 September 2023 mendatang.

Wakil Wali Kota Tangsel Pila Saga Ichsan mengatakan Pemkot Tangsel siap menggelar even Tangsel Marathon 2023 tersebut.

Tangsel Marathon 2023
Baner road to Tangsel Marathon 2023 berupa lomba lari 5 kilometer yang akan digelar di setiap kecamatan di Kota Tangsel pada Juni dan Juli ini.

“Tahun lalu diikuti 2.500 peserta dari seluruh Indonesia. Tahun ini kami targetkan lebih banyak,” terang Pilar saat peluncuran Tangsel Marathon 2023 di Ruang Blandongan, Puspemkot Tangsel, Rabu, 31 Mei 2023.

Pilar juga mengatakan untuk peserta Tangsel Marathon 2023 ini ditargetkan lebih dari 5.000 peserta atau meningkat dua kali lipat dari tahun lalu.

Selain peserta, Pilar juga mengatakan untuk tahun ini total hadiah untuk para juga ditingkatkan hingga mencapai Rp500 juta rupiah.

“Jadi total hadiah Rp500 juta untuk tahun ini. Kalau tahun lalu kan Rp350 juta, jadi kita tingkatkan tahun ini,” katanya lagi.

Tujuannya penambahan hadiah dari Rp350 juta menjadi Rp500 juta untuk menarik minat masyarakat di luar Kota Tangsel bahkan luar negeri ikut Tangsel Marathon 2023 tersebut.

Pilar juga menambahkan pada kegiatan Tangerang Marathon 2023 akan terbagi dalam beberapa kategori yang dilombakan.

Yakni mulai jarak 42K, 21K, 10K, 5K dan 3K dan juga untuk kategori disabilitas. “Untuk kelas disabilitas tahun ini tetap ada. Tahun lalu yang ikut 100 orang lebih,” paparnya.

Gelar Pre Event Tangsel Marathon 2023 di Tujuh Kecamatan

Tangerang Marathon 2023 ini digelar selain menyambut HUT ke-15 Kota Tangerang Selatan juga perayaan Hari Olahraga Nasional.

Sebelum perayaan Tangsel Marathon 2023, Pilar mengatakan akan ada yang beda dalam kegiatan lomba lari tahunan tersebut.

Yakni digelarnya pre event Tangsel Marathon 2023 di tujuh kecamatan yang dilakukan secara bergantian.

“Jadi kami gelar road to Tangsel Marathon 2023. Akan ada pre-event di tujuh kecamatan,” ungkap Pilar juga.

Pre event itu adalah kegiatan lari 5 kilometer (km) yang digelar di setiap kecamatan dengan target 1.000 peserta pada bulan Juni hingga Juli 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tangsel Mursinah mengatakan Tangsel Marathon merupakan konsep lari jalan raya kawasan urban dan kota satelit.

“Kegiatan ini merupakan even nasional. Jadi pesertanya terbuka untuk diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi syarat,” terangnya.

Mursinah juga mengatakan kalau kegiatan ini bukan hanya untuk WNI saja tapi juga terbuka untuk Warga Negara Asing (WNA) pemegang kitas atau pasport.

Dia juga memaparkan syarat usia untuk kategori Marathon 42K dan Half Marathon 21K adalah telah berusia di atas 18 tahun.

Sedangkan untuk jarak 3K, 5K dan 10K dapat diikuti oleh peserta anak-anak dengan usia di bawah 17 tahun.

“Untuk anak-anak, peserta wajib melengkapi diri dengan persetujuan orang tua secara tertulis,” terangnya juga.