TANGSELIFE.COM – Kini para konsumen ponsel dinilai lebih banyak menyukai smartphone terbaru Samsung Galaxy S24 daripada iPhone 15.

Penilaian tersebut dilaporkan menurut analisis The PerfectRec Reviews yang mengungkapkan ulasan awal pelanggan untuk jajaran Samsung Galaxy S24 memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang sangat tinggi melebihi iPhone generasi terbaru untuk pertama kalinya.

Menurut PerfectRec, sejauh ini pengguna awal jajaran Samsung S24 telah memberi ulasan sangat positif, dengan 91% pengguna memberikan model standar Samsung Galaxy S24 bintang lima dan 88% memberikan nilai tertinggi untuk S24 Ultra.

Lonjakan kepuasan pelanggan dari S23 ke S24 cukup signifikan secara statistik untuk Galaxy S dan Galaxy S Ultra.

Lonjakan kepuasan pelanggan Samsung S generasi terbaru terjadi ketika model premium iPhone 15 generasi terbaru mendapat nilai buruk menurut iPhone Satisfaction Tracker dari PerfectRec.

“Tetapi ini bukan hanya kasus iPhone 15 Pro Max yang mendapat nilai buruk. Tiga model di jajarang S24 memiliki kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dibanding iPhone 15,” tulis The PerfectRec Reviews.

iPhone Miliki Ulasan Lebih Negatif Dibanding Samsung Galaxy S24

ulasan samsung galaxy s24 dan iphone 15

Salah satu kesimpulan yang ditemukan The PerfectRec Reviews dalam melacak kepuasan iPhone dari waktu ke waktu adalah ulasan dari pengguna awal yang terkadang lebih negatif dibandingkan ulasan yang diberikan beberapa bulan usai peluncuran.

“Kami menduga hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pengguna awal adalah penggemar yang lebih familiar dengan model terbaru dan mungkin kecewa apabila peningkatannya tidak terasa mengesankan. Ada kemungkinan ini murni fenomena Apple dan pengguna awal Galaxy S berperilaku berbeda,” ucapnya.

Mereka melanjutkan, meskipun ada berbagai ulasan awal mengenai Galaxy S24, kepuasan masih akan berganti-ganti seiring waktu.

Metodologi Analisis dari The PerfectRec Reviews

ulasan samsung galaxy s24 dan iphone 15

Berikut metodologi yang digunakan The PerfectRec Reviews saat menganalisis data di atas:

  1. The Perfect Rec Reviews mengumpulkan ulasan Google untuk setiap model ponsel yang dikirim oleh beberapa merchants, termasuk Best Buy, Verizon, AT&T, dan lainnya
  2. Kepuasan keseluruhan disajikan sebagai persentase pengulas yang memberikan produk bintang lim dalam skala bintang lima
  3. Histori kepuasan Samsung Galaxy S berdasarkan lebih dari 177.000 ulasan pengguna yang tersisa antara tahun 2020 dan sekarang, termasuk juga lebih dari 2.750 untuk seri S24.
  4. Histori kepuasan iPhone berdasarkan pada lebih dari 140.000 ulasan pengguna untuk model dasar dan iPhone Pro Max antara September 2019 dan sekarang
  5. Peringkat ditujukan untuk konfigurasi penyimpanan terendah yang tersedia untuk setiap model karena ini umumnya merupakan opsi terlaris dan memiliki ulasan terbanyak
Dwi Oktaviani
Editor