TANGSELIFE.COM – Proses pemadaman kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang, telah memasuki hari ke-7.

Tim gabungan yang berjumlah ratusan itupun sampai saat ini masih terus berusaha menuntaskan proses pemadaman.

Operasi pemadaman difokuskan pada 6 titik yang masih mengeluarkan kepulan asap.

Sejumlah warga yang sebelumnya sempat dievakuasi karena bermukim dekat lokasi kebakaran pun sebagian diantaranya sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Dari 180 orang yang mengungsi, kini sebagian besar dari mereka telah meninggalkan tempat pengungsian dan kembali ke rumah.

“Saat ini sudah berkurang, sisa ada sekira 45 kepala keluarga,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan, kepada tangselife.com, Kamis, 26 Oktober 2023.

“Itu dari pengungsian yang berada di GOR dan kantor Kecamatan Neglasari,” tambahnya.

Terdampak kebakaran TPA, Tak Ada Warga Terkena ISPA

Terdampak kebakaran TPA Tangerang
Sejumlah warga masih bertahan diposko pengungsian di Kantor Kecamatan Neglasari terdampak kebakaran TPA Rawa Kucing, Selasa (24/10/2023). (Andre/Tangselife.com)

Beberapa waktu lalu pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sempat mengevakuasi ratusan warga yang tinggal di dekat TPA Rawa Kucing.

Pasalnya, kepulan asap yang menyelimuti pemukiman warga dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan.

Titik pengungsian dilakukan di GOR Neglasari dan Kantor Kecamatan Neglasari.

Camat Neglasari Andhika Nugraha Krisna Mukti mengatakan, bahwa terdapat beberapa warga yang sempat mengalami gangguan pernafasan pada saat pertama kali datang.

Para pengungsi sendiri langsung mendapatkan pemeriksaan medis dari tim kesehatan yang diturunkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dan Puskesmas Neglasari.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Andhika memastikan tidak ada warga yang terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Memang permasalahan awalnya adalah permasalahan pernafasan, namun sampai dengan saat ini tidak ada masalah yang berarti,” tutur Andhika

“Belum ada (yang tercatat terkana ISPA),” pungkas Andhika.

Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang

Kebakaran TPA Rawa Kucing
Petugas berjibaku menangani kebakaran di TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang. (Dok. tangerangkota.go.id)

Saat ini petugas gabungan masih berjibaku menangani kebakaran TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang. Petugas yang memadamkan kebakaran merupakan gabungan dari BPBD Kota Tangerang hingga Tim dari Kementerian Lingkunan Hidup dan Kebersihan (KLHK).

Hingga hari ke-7 kebakaran TPA Rawa Kucing, tercatat ada sekira 27 hektare lebih lahan yang hangus terbakar. Penanganan kebakaran dilakukan secara masif. BNPB bahkan mengirimkan bantuan 1 helickpter untuk melakukan water bombing dari udara.

Sementara itu saat ini, Pemkot Tangerang telah membangun tandon air sebagai penampungan air sementara di sejumlah titik di atas TPA Rawa Kucing.

Hal itu, untuk memudahkan petugas yang tengah menyisir sumber api yang saat ini mengeluarkan asap dari gunungan sampah.

Selain itu, penanganan kebakaran juga akan dilakukan dengan melakukan pipa injeksi ke 40 titik yang berpotensi menimbulkan kebakaran susulan. Injeksi dilakukan untuk meredam kobaran api dari bawah gunung sampah yang dipicu gas metana dari tumpukan sampah. (Andre)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter