TANGSELIFE.COMAtlet panjat tebing Tangsel berhasil menyabet enam medali dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten.

Keenam medali tersebut terdiri dari dua medali emas dan empat medali perak.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tangsel, Zeky Yamani mengatakan, perolehan medali tersebut merupakan capaian yang patut disyukuri.

Pasalnya prestasi tersebut berhasil melampaui target yang ditetapkan oleh federasi yakni sebanyak lima medali.

Zeky mengungkapkan, para atlet yang saat ini mengikuti Popda XI Banten merupakan mereka yang diproyeksikan mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2026 mendatang di Kota Tangsel.

“Alhamdulillah cukup puas dengan capaian di Popda, teman-teman yang ikut Popda ini nantinya akan mengikuti Porprov,” kata Zeky, Kamis, 13 Juni 2024.

Sabet 6 Medali di Ajang Popda XI Banten, Atlet Panjat Tebing Tangsel Belum Punya Tempat Latihan yang Memadai

Zeky menyebut, meski berhasil meraih prestasi yang membanggakan, namun masih terdapat beberapa pekerjaan rumah yang harus diperbaiki, terutama terkait fasilitas.

Ia tak menampik bahwa sejauh ini para atlet panjat tebing Tangsel belum memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang latihan.

“Cukup puas, artinya dengan fasilitas yang belum memadai saja sudah begini (berprestasi, red). Anak-anak latihan masih di PCC walau kondisinya kurang memadai,” terangnya.

Sementara itu, Pembina FPTI Tangsel, Suhara Manulang menyebut, ajang Popda XI Banten akan menjadi evaluasi pihaknya dalam menatap Poprov 2026 mendatang.

Dengan bertindak sebagai tuan rumah, lanjutnya, para atlet Tangsel harus menunjukkan performa terbaik sehingga bisa keluar sebagai juara dalam cabang olahraga yang diperlombakan.

Khusus untuk fasilitas panjat tebing, Suhara berharap kedepannya para atlet akan mendapatkan sarana dan prasana latihan agar dapat berkembang lebih baik lagi.

“Khusunya bagaimana Tangsel menyiapkan Porprov untuk 2026 sebagai tuan rumah, sementara venue untuk panjat tebing belum ada yang sertifikasi standar nasional,” pungkasnya.

Sekedar informasi dari total enam medali yang diraih oleh atlet panjat tebing Tangsel terdiri dari beberapa kategori antara lain speed word record putri atas nama Rey Meyza meraih emas, speed word record putra atas nama Adi Firmansyah meraih perak, boulder putri atas nama Rey Meyza meraih perak.

Lalu kategori lead team putri atas nama Rey Meyza, Cantika Tsara Amebelle, Keisya Sahira Putri Arlan meraih emas. Sementara, kategori speed relay putri atas nama Bilqis Talenta Kusuma Wardani, Cantika, Rey meyza meraih perak. Dan kategori lead perorangan atas nama Putri, Cantika meraih perak.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter