TANGSELIFE.COM– Ditemukan varian baru COVID-19 LB.1 baru-baru ini di Australia yang penyebarannya lebih cepat dari varian sebelumnya.

Berdasarkan laporan dari media lokal Australia, saat ini sudah ada kasus LB.1 yang terkonfirmasi di negara tersebut.

Bahkan para ahli kesehatan Australia telah mengeluarkan peringatan bahwa vairan baru Covid-19 LB.1 yang melanda Australia ini dapat menular lebih cepat dibandingkan varian lama.

Untuk itu juru bicara departemen kesehatan Australia menegaskan, saat ini warga Australia diminta untuk lebih waspada pada varian Covid-19 LB. 1.

“Meskipun LB.1 hampir pasti lebih mudah menular dibandingkan KP.2, tetapi tampaknya penyakit ini tidak mengungguli KP.3 dan turunannya,” tulis lembaga penyiaran lokal Australia mengutip Profesor Adrian Esterman, ketua biostatistik dan epidemiologi Universitas South Australia.

Varian Baru Covid-19 LB.1 Terkonfirmasi Menyebar di Australia

Menurut seorang dokter penyakit menular dan ahli mikrobiologi klinis di Universitas Queensland, dr Paul Griffin mengatakan, negara Australia mungkin sudah mendekati puncak kasus Covid-19

Namun, ia juga tidak bisa memprediksi apakah varain baru Covid-19 LB.1 yang ada di Australia saat ini akan menyebabkan gelombang infeksi baru atau tidak.

“Kami mengalami gelombang besar aktivitas Covid dan ini tampaknya melambat, tapi saat ini masih cukup banyak,” ujar Paul Griffin.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter