TANGSELIFE.COM – Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungan kerjanya ke Moskow, Rusia, 31, juli 2024.

Putin menyambut hangat pria yang yang masih menjabat Menteri Pertahanan Indonesia tersebut di dalam Kremlin.

Dalam pertemuan itu Prabowo menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Putin.

Dilihat dari situs resmi Presiden Rusia, kremlin.ru, Rabu (31/7/2024), Putin terlihat menyambut Prabowo di dalam Kremlin. Keduanya terlihat bersalaman dan berfoto bersama.

Dalam pertemuan itu,Putin didampingi Ajudan Presiden Yuri Ushakov, Wakil Perdana Menteri Pertama, Ketua Komisi Gabungan Rusia-Indonesia untuk Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi, dan Teknik Denis Manturov, serta Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

“Selamat datang. Kami mengenal Anda dengan baik, kami mengenal Anda sebagai teman negara kami,” tulis Putin dari situs resmi Presiden Rusia.

Dalam unggahan itu juga, Putin menyebutkan hubungan perdagangan Indonesia dengan Rusia juga sangat sukses.

Bahkan disebutkan juga omzet perdagangan Rusia dan Indonesia terus alami peningkatan.

“Kami sangat berharap, situasi seperti ini terus berlanjut,” katanya.

Putin juga mengatakan Rusia siap melanjutkan kerja sama di bidang kemanusiaan dengan Indonesia, termasuk memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang hendak belajar di Rusia.

Terakhir, Putin mengucapkan selamat kepada Prabowo yang menjadi Presiden terpilih Indonesia.

“Kami sangat senang melihat Anda. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat secara pribadi kepada Anda atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Indonesia. Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Anda dalam melayani negara dan rakyat Anda,” ujarnya.

Prabowo juga menyampaikan selamat kepada Putin, karena kembali terpilih sebagai presiden Rusia. Dia menegaskan akan terus menjaga hubungan bilateral Indonesia dan Rusia.

“Selamat atas terpilihnya Anda sebagai Federasi Rusia. Seperti yang Anda ketahui, kami menganggap Rusia sebagai sahabat baik dan saya ingin terus menjaga dan meningkatkan hubungan ini dalam sejarah kita,” ungkapnya.

Dia mengatakan hubungan Indonesia dengan Rusia sudah berlangsung lama, bahkan sejak era Uni Soviet.
Uni Soviet juga banyak membantu pembangunan di Indonesia, salah satunya Stadion Gelora Bung Karno.

Prabowo mengatakan dia sudah empat kali ke Rusia dalam 4 tahun terakhir. Dia mengaku memiliki kenangan hangat dengan Rusia.

Dia pun menegaskan akan melanjutkan hubungan baik Indonesia-Rusia.

“Saya datang ke sini untuk menekankan bahwa saya ingin meningkatkan hubungan ini ketika saya menjabat Presiden Republik Indonesia secara resmi pada tanggal 20 Oktober saya telah berdiskusi secara intensif dengan tim Anda,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter